All Sumsel Final Terjadi di Cabor Anggar

Atlet anggar putra Sumsel Ricky Dhisulimah (kiri) berusaha menusuk atlet anggar putra Sumsel M Irfandi (kanan) saat bertanding pada final Anggar kategori Sabel Individual Putra PON Papua di Kompleks Gereja ST Yoseph, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (4/10/2021). Ricky Dhisulimah menang atas Sumsel M Irfandi sekaligus berhasil meraih medali emas pada kategori tersebut.
Atlet anggar putra Sumsel Ricky Dhisulimah (kiri) berusaha menusuk atlet anggar putra Sumsel M Irfandi (kanan) saat bertanding pada final Anggar kategori Sabel Individual Putra PON Papua di Kompleks Gereja ST Yoseph, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (4/10/2021). Ricky Dhisulimah menang atas Sumsel M Irfandi sekaligus berhasil meraih medali emas pada kategori tersebut.
Foto: Antara/Galih Pradipta

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Perang final sesama atlet Sumatera Selatan (Sumsel) atau All Sumsel Final terjadi di cabang olahraga (cabor) anggar pada Senin (4/10). Atlet Sumsel memborong medali emas dan perak dari nomor sabre perorangan putra melalui Ricky Dhisullimah dan Irfan Nurkamil.

Kedua atlet bertemu pada partai puncak di Aula Serbaguna Gereja St Yoseph, Kabupaten Merauke, Papua, Senin. Ricky lolos ke final usai mengalahkan Angga Maulana (Jawa Tengah) dengan skor 15-6. Sementara, Irfan Nurkamil menyingkirkan Iqbal Jailani (Jawa Barat) juga dengan skor yang sama 15-6.

"Saya sangat bersyukur sekali akhirnya bisa dapat medali emas PON,'' kata Ricky yang mengalahkan rekan setimnya, Irfan Nurkamil, di partai final sabre perorangan putra. 

''Dari mulai bertanding hari ini, saya berusaha tenang dan tidak ada beban saja," kata Ricky.

Dari nomor floret individual putri, Leoda Lundy Winona yang mewakili Jawa Barat berhasil mendulang medali emas. Ia menundukkan Nurul Aini (Riau) dengan skor 15-10.

 

 

 

 

 

 

 

 

"Saya sangat bersyukur sekali akhirnya bisa dapat medali emas PON. Dari mulai bertanding hari ini, saya berusaha tenang dan tidak ada beban saja," kata Ricky. Dari nomor floret individual putri, Leoda Lundy Winona yang mewakili Jawa Barat berhasil mendulang medali emas dengan menundukkan Nurul Aini (Riau) dengan skor 15-10.

 

 

 

 

 

 

 

Di tengah terus memanasnya iklim persaingan para atlet untuk menjadi yang terbaik di arena pertandingan, kabar kurang menyenangkan muncul dari Mimika ketika dua judoka asal Kaltim gagal pulang ke daerah asalnya karena terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil tes usap PCR.

 

 

 

 

 

 

 

Pelatih judo Kaltim Adianoor menyebutkan dua atletnya yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut adalah Melia Kubus dan Eko Haryono. Keduanya saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Mimika.

 

 

 

 

 

 

 

"Tim kesehatan mengupayakan untuk melakukan tes ulang PCR, kalau hasilnya tetap sama akan diupayakan terapi penyembuhan maksimal sepuluh hari," jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Menanggapi temuan kasus infeksi virus corona pada atlet tersebut, Menpora Zainudin Amali memastikan temuan kasus itu tidak memengaruhi penyelenggaraan PON Papua.

 

 

 

 

 

 

 

"Saya kira dari awal mereka datang kan sudah divaksin. Jadi, kalau toh ada satu-dua orang (positif COVID-29) ya biasalah itu. Tidak ada masalah," kata Menpora di sela meninjau pelaksanaan PON di Mimika Sport Centre.

 

 

 

 

 

 

 

Menurut Amali, atlet yang diketahui positif COVID-19 akan langsung menjalani karantina, sementara atlet-atlet lain tetap menjalani kegiatan seperti biasa. "Satu kena, (PON) langsung dihentikan tidak mungkinlah. Kan sudah berjalan, bahkan ada yang sudah dapat medali," imbuhnya.

 

 

 

 

 

 

 

Menpora juga menimpali, "Itu dari awal, dari technical meeting sudah diberitahu bahwa bagi cabang olahraga yang atletnya ada yang terindikasi positif langsung diisolasi. (Atlet) yang lain tetep jalan aja," tegasnya.

Komentar

Terkait


Atlet binaraga Papua Oto Gidion Wantik memegang medali emas binaraga kelas 65 kilogram PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Oto Gidion Wantik meraih medali emas, medali perak diraih atlet binaraga DIY Bambang Sujatmoko dan medali perunggu diraih atlet binaraga Jawa Timur Kariyono.

Binaragawan Tuan Rumah Papua Berpesta

Atlet panahan Jawa Timur Diananda Choirunisa berpose dengan medali emasnya usai upacara penyerahan medali final panahan recurve putri PON Papua di Lapangan Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Atlet panahan Jawa timur Diananda Choirunisa berhasil meraih medali emas disusul atlet panahan Papua Rezza Octavia meraih medali perak dan atlet panahan Kalimantan Tengah Linda Lestari mendapat medali perunggu.

Atlet Olimpiade Unjuk Gigi di Cabor Panahan

Binaragawan Sumatera Barat Iwan Samuray berhasil meraih medali emas di ajang PON Papua XX 2021.

Binaragawan Sumbar Ini Raih Hattrick Medali Emas PON

Pesenam artistik putri DKI Jakarta Rifda Irfanaluthfi menunjukkan empat medali emas yang diperolehnya dalam cabang olahraga senam artistik PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Rifda Irfanaluthfi meraih empat medali emas dari nomor beregu, serba bisa perorangan putri, meja lompat dan senam lantai.

Raih Empat Emas, Rifda Atlet Terbaik PON XX Papua

Atlet menembak Sumatera Selatan Woli Hamsan (kanan) menembak sasaran saat bertanding pada babak kualifikasi Menembak nomor Trap Putra PON Papua di Lapangan Tembak Silas Papare AURI, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021).

Kualifikasi Menembak Nomor Trap PON XX Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image