Kebiasaan Kunyah Pinang di Papua yang Sehatkan Mulut

Salah satu sudut lapak penjual buah pinang di Jayapura, Papua. Mengunyah buah pinang adalah kebiasaan yang umum bagi muda-mudi di Papua.
Salah satu sudut lapak penjual buah pinang di Jayapura, Papua. Mengunyah buah pinang adalah kebiasaan yang umum bagi muda-mudi di Papua.
Foto: Dok. Pri

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Di Pulau Jawa, lazimnya, buah pinang dikunyah bersama daun dan kapur sirih. Penikmatnya pun didominasi orang-orang tua. Itupun saat ini sudah sulit ditemui dalam keseharian.

Namun di distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, mengunyah buah pinang muda sudah hal biasa yang bisa kita lihat setiap saat.

Tua-muda, lelaki dan wanita dengan santainya mengunyah buah pinang yang dicampur dengan sedikit kapur.

Tepat di seberang Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Abepura Jayapura, tampak dua orang mahasiswi tengah mengunyah pinang yang dijual, Mamace panggilan ibu untuk orang Papua.

Ketika Republika menemui mahasiswi yang tidak mau disebutkan namanya tersebut pada Senin (4/10), terungkap bahwa mengunyah buah pinang muda sudah menjadi kebiasaannya.

"Sudah menjadi kebiasaan bagi saya. Karena ini juga bermanfaat untuk kesehatan Gigi dan mulut," ungkapnya sambil melepaskan senyum dan tampak merah mulut akibat kunyahan biji pinang muda tersebut.

"Gigi tak gampang sakit, awet tidak ompong. Gigi juga menjadi putih dan bersih," kata dia.

Republika berkesempatan meliput langsung PON XX di Papua. Ragam pemandangan unik khas Bumi Cenderawasih menjadi bahan tulisan yang sangat seru untuk dirangkai menjadi sebuah cerita.

Salah satunya ya soal kisah buang pinang ini. Namun, penulis sendiri tak sampai mencicipi buah pinang tersebut. Mungkin lain waktu, karena agenda liputan, yang mengacu kepada jadwal pertandingan setiap cabang olahraga di PON sangatlah padat. 

Baca juga : Ahli Virus Ingatkan Hindari 5 Tempat Ini Selama Pandemi

Komentar

Terkait


Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri), Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (keempat kiri), Gubernur Papua Lukas Enembe (ketiga kiri) dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menghadiri Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

'Presiden Restui Papua Jadi Provinsi Olahraga Nasional'

Prokes PON XX Papua.

Penonton PON Papua Masih Ada yang Lalai Jalankan Prokes

Ketua Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito, S.E,. M.M. memerintahkan untuk melakukan pengetatan disiplin protokol kesehatan pada salah satu cabang olahraga yang banyak menarik perhatian penonton yakni sepak bola.

Ketua Satgas Covid-19 Ingatkan Prokes Selama PON Papua

Pekerja menyelesaikan pembangunan venue cabor Rugby di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (24/8/2021). Pembangunan venue rugby PON XX Papua yang berada di kawasan tanah milik AURI, Sentani, Kabupaten Jayapura tersebut menelan anggaran Rp22 miliar dan telah mencapai 50 persen.

Terlanjur Sudah Diumumkan, Jadwal Rugby7 PON Tetap Diundur

Ilustrasi. Pertandingan cabang olahraga wushu nomor sanda atau tarung kelas 52 kg putri PON XX Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua.

Raih Medali Emas, Rosalina Dipuji Rektor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image