Atlet Maluku Cedera Ditabrak Perahu Dayung

Ilustrasi. Pedayung pada PON XX Papua berlatih di Teluk Youtefa, Papua, Senin (27/9/2021).
Ilustrasi. Pedayung pada PON XX Papua berlatih di Teluk Youtefa, Papua, Senin (27/9/2021).
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Insiden tabrakan terjadi saat sesi latihan terakhir di arena dayung Teluk Youtefa, Kota Jayapura, pada Ahad (3/10) petang sekitar pukul 17.00 WIT. Pedayung Maluku, Chelsea Corputty, ditabrak perahu dayung atlet tuan rumah Papua.

Chelsea yang sedang berlatih itu perahunya tiba-tiba ditabrak oleh atlet Papua yang juga sedang berlatih. Sehingga, pedayung Maluku yang bertanding di nomor rowing single scull ringan putri tersebut mengalami cedera ringan di bagian pinggang.

"Syukurlah, Chelsea masih bisa bertanding (Senin) dan lolos ke final. Tapi, insiden ini sangat disesalkan karena seharusnya tidak terjadi," kata Manajer Tim Dayung Maluku, Anos Jermias saat dihubungi dari Ambon, Senin.

Chelsea pun mengakui cederanya tidak terlalu parah. Ia tetap dapat tampil optimal hingga lolos ke babak final nomor rowing single scull ringan putri pada perlombaan Senin (4/10). Ia membukukan catatan waktu 08:32.298 menit.

Chelsea Corputty merupakan salah satu pedayung Maluku yang diharapkan dapat meraih medali emas. Ia sekaligus bertekad mengulang kesuksesannya di PON XIX Jawa Barat pada 2016.

Anos mengaku tidak hanya mengkhawatirkan atletnya. Ia juga sempat khawatir perahu yang baru dibeli dari China itu mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan saat pertandingan.

Anos yang juga Ketua Pengprov PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Maluku, mengatakan insiden tersebut seharusnya tidak terjadi karena arena dan jalur latihan masing-masing atlet telah dibagi dan diatur. Dia pun tidak ingin menyimpulkan insiden tersebut sebagai upaya sabotase.

Tetapi, ia tetap berharap ada tangung jawab dari Pengprov PODSI Papua untuk menyelesaikan masalah itu. "Kami sudah mengajukan keberatan dan protes kepada Pengprov PODSI Papua atas insiden tersebut. Karena dampaknya sangat merugikan," katanya.

Komentar

Terkait


Binaragawan Sumatera Barat Iwan Samuray berhasil meraih medali emas di ajang PON Papua XX 2021.

Iwan Samuray: Emas Papua dan Utang Rp 1,7 Miliar

Pelari Jawa Barat Agus Prayogo berpose menggigit medali usai menjuarai final nomor lari 5.000 meter putra cabang atletik PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Agus meraih medali emas, sementara pelari Jabar lainnya Pandu Sukarya meraih medali perak dan pelari Bangka Belitung Robi Sianturi meraih medali perunggu.

Klasemen Perolehan Medali, Jawa Barat Geser Papua

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyaksikan pertandingan sepakbola PON XX Papua 2021 antara tuan rumah, Papua, melawan Nusa Tenggara Timur (NTT) di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Ahad (3/10).

Menteri Erick Menikmati Laga Sepak Bola PON Papua

GOR Mimika, Venue Basket 5x5 dan 3x3 PON Papua di kawasan MSC.PT PLN (Persero) pastikan keandalan pasokan listrik untuk PON XX Papua Aman. PLN juga bergerak cepat membantu memperbaiki kerusakan pada panel instalasi milik Mimika Sport Center (MSC) pada Ahad (3/10) pukul 10.41 WIT. Kerusakan instalasi listrik pelanggan membuat suplai listrik dari PLN tidak dapat tersalurkan ke venue.

PLN Gerak Cepat Bantu Perbaiki Instalasi Venue Basket PON

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Ganip Warsito.

Kepala BNPB Semangati Relawan Satgas Prokes PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image