Selasa 05 Oct 2021 18:49 WIB

PMI Tangerang Hentikan Sementara Donor Plasma Konvalesen

Hal ini seiring dengan menurunnya kasus dan ketersediaan stok saat ini.

Red: Ani Nursalikah
PMI Tangerang Hentikan Sementara Donor Plasma Konvalesen
Foto: Prayogi/Republika.
PMI Tangerang Hentikan Sementara Donor Plasma Konvalesen

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PMI Kota Tangerang menghentikan sementara pengumpulan (donor) plasma konvalesen. Hal ini seiring dengan menurunnya kasus dan ketersediaan stok yang ada saat ini.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Djumansyah mengatakan saat ini PMI Kota Tangerang memiliki 940 kantong plasma konvalesen hasil pengumpulan beberapa waktu lalu. Stok yang tersedia hingga Selasa (5/10), untuk golongan A sebanyak 188 kantong, golongan B ada 371 kantong, golongan O ada 332 kantong dan golongan AB ada 49 kantong.

Baca Juga

Sementara, untuk permintaan plasma konvalesen saat ini ke PMI Kota Tangerang dari rumah sakit tidak ada atau kosong seiring dengan penurunan kasus Covid-19 dan banyak yang sembuh. "Karena stok masih ada, kita hentikan sementara pengumpulan plasma konvalesen. Sebab, kasus Covid-19 saat ini sudah menurun dan tingkat kesembuhan terus bertambah," ujarnya.

Sedangkan plasma konvalesen yang sudah disalurkan oleh PMI Kota Tagerang ada 4.793 kantong dengan perincian golongan darah A sebanyak 1.255 kantong, golongan darah B 1.338 kantong, golongan darah O sebanyak 1.880 kantong, dan golongan darah AB 320 kantong. "Semoga kasus Covid-19 terus menurun dan angka terpapar juga menurun. Kita imbau warga terus disiplin menerapkan protokol kesehatan demi kesehatan bersama," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement