Selasa 05 Oct 2021 19:29 WIB

Portugal akan Beri Vaksin Dosis Ketiga bagi Lansia

Dosis ketiga akan doberikan kepada penghuni panti wreda dan lansia di atas 80 tahun.

Red: Dwi Murdaningsih
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Pxhere
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Portugal akan memberikan dosis ketiga vaksin COVID-19 bagi warga berusia 65 tahun. Vaksin akan diberikan mulai pekan depan, dimulai dengan kelompok yang paling rentan seperti penghuni panti wreda dan mereka yang berusia di atas 80 tahun.

Negara di Eropa selatan itu mencatat tingkat vaksinasi tertinggi di dunia. Sebesar 85 persen populasinya telah disuntik vaksin COVID-19.

Baca Juga

Otoritas pada September mulai memberikan dosis tambahan COVID-19 bagi warga berusia 16 tahun ke atas yang menderita sistem imun. Menteri Kesehatan Antonio Sales, Senin (4/10), mengatakan bahwa per 11 Oktober pemberian vaksin ketiga COVID-19 diperluas pada kalangan penduduk berusia 65 tahun ke atas.

Dosis tambahan hanya dapat diberikan minimal enam bulan setelah dosis kedua. Sejumlah negara Uni Eropa, seperti Spanyol dan Prancis, meluncurkan gerakan pemberian vaksin booster sebelum regulator obat Uni Eropa memberikan pedomannya pada Senin.

Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) pada Senin menyarankan pemberian dosis ketiga vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna pada orang-orang yang memiliki sistem imun lemah. Namun, pihaknya menyerahkan keputusan kepada negara-negara anggota Uni Eropa apakah lebih banyak kalangan penduduk musti mendapatkan vaksin ketiga COVID-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement