Selasa 05 Oct 2021 21:22 WIB

Sastra Siber dan Sastra Cetak akan Saling Berhadapan?

Sastra siber hadir sebagai cabang sastra tak terelakkan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Sastra siber hadir sebagai cabang sastra tak terelakkan. Ilustrasi karya sastra
Foto: Antara/Dewi Fajrian
Sastra siber hadir sebagai cabang sastra tak terelakkan. Ilustrasi karya sastra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Istilah sastra siber kerap menjadi tema diskusi publik di Indonesia. Di Indonesia pengertian sastra siber yang diketahui terdiri dari beberapa macam.

Yakni, sastra siber adalah sastra yang tersebar di internet, bersifat alternatif, bersifat sementara dan disebut media digital. Namun, apakah poin-poin itu benar?

Baca Juga

Alumni Magister Sastra Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gajah Mada (UGM), M Lutfi Dwi Kurniawan,  mengatakan sibernetika pertama kali berasal dari Nobert Wiener dalam bukunya berjudul Cybernetics or Control and Communication in the Animal and the Machine (1948).

Dalam hal ini, kata kuncinya adalah kontrol, komunikasi, dan umpan balik. Wiener terinspirasi dari pengemudi kapal yang bebas memilih jalan. Mekanisme tersebut merupakan gagasan utama sibernetika yang berkaitan dengan koneksi antara psikologi dan fisiologi.

Pada 1987, terbit fiksi hipertes yang berjudul Afternoon: A Story oleh Michael Joyco dan berdirinya stroyspace oleh Eastgate dan Macintosh. Lutfi menjelaskan karya tersebut yang terbit dari disket mengajak kontribusi pembaca. 

Kemudian pada 1995, Joyce menjelaskan konsep fiksi hiperteks dalam Of Two Minds Hypertext Pedagogy Poetics, yaitu narasinya adalah non-linear karena memberikan pembaca sebagai pelaku aktif.

Konsep ini diperkuat Espen Aarseth dalam Cybertext: Perpsectives on Erdogic Literature (1997), ini bisa interaktif novel, gim, atau vitual reality sehingga bisa meluas pembahasan sastra ke ranah-ranah lain, termasuk non-sastra.

Berdasarkan kelahirannya, sastra siber dalam diskursus sastra secara global bukan diakibatkan ketidakmampuan pengarang dalam menembus sastra cetak. 

Kehadiran sastra siber secara global diawali kehadiran fiksi hiperteks yang didukung kemampuan sibernetika dari perangkat digital dan komputer.

“Karya sastra yang beredar di internet bukan jaminan sastra sibernetika tetapi dapat masuk dan dikategorikan sebagai sastra digital. Sastra sibernetikal juga dimungkinkan menjadi sastra cetak,” kata Luthfi dalam diskusi Fenomena dan Perkembangan Sastra Siber di Indonesia, Senin (4/10).

Selain itu, kehadiran sastra siber bukan sebagai sastra alternatif dari ketidakmampuan penulis menembus sastra cetak. Namun, itu merupakan suatu upaya eksperimen dalam membentuk sistem komunikasi arus balik dan sebagai tanggapan pembaruan sastra.

Luthfi menyebut tidak semua karya sastra digital bernilai sibernetika, begitu pula sebaliknya sehingga harus melacak kembali unsur sibernetika yang dibahas.

“Supaya tidak kebalik, kita tidak asal mengganti, oh itu sastra siber, kita bisa langsung menuju spesifiknya sehingga pembahasannya bisa produktif dan tidak abstrak,” ujar dia.

Selain itu, diperlukan untuk melihat media sebagai kesatuan struktur dalam sastra. Hal ini jarang disadari dalam sastra cetak. Ketika sastra sibernetika dalam unsur cetak atau digital, tidak hanya dilibatkan tekstologinya saja tetapi media teksnya.

Lebih lanjut, Luthfi mengatakan sebaiknya melepaskan dari belenggu kanonisasi sastra cetak. “Sastra siber di bawah sastra cetak, tidak mampu menembus sastra cetak. Padahal banyak hal, aspek dari sastra digital ketika dinilai unsur-unsur naratifnya dan puitiknya merupakan sastra,” tambahnya.     

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

(QS. An-Nur ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement