Forum TJSP Diharap Dorong Kebangkitan Ekonomi Sleman

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Forum TJSP Diharap Dorong Kebangkitan Ekonomi Sleman (ilustrasi).
Forum TJSP Diharap Dorong Kebangkitan Ekonomi Sleman (ilustrasi). | Foto: Antara/Irwansyah Putra

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, melantik 17 pengurus Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Kabupaten Sleman. Direktur PDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata, resmi dilantik sebagai Ketua Forum TJSP untuk periode 2021-2023.

Dwi menggantikan ketua sebelumnya Muhammad Sigit. Dalam sambutannya, Kustini mengatakan, pelantikan pengurus ini merupakan momentum awal yang baik. Untuk lebih berkontribusi dan mendorong kemajuan pertumbuhan ekonomi di Sleman.

Sebab, tidak dapat dipungkiri kalau dalam pelaksanaan pembangunan, terutama di bidang ekonomi, domain swasta dan masyarakat menjadi kunci penggerak roda perekonomian. Karenanya, partisipasi masyarakat dan swasta mutlak diperlukan.

Yang mana, lanjut Kustini, mencakup aspek-aspek partisipasi dalam proses pembangunan dan partisipasi dalam pertanggung jawaban hasil pembangunan. Sekaligus, partisipasi dalam rangka menerima pembangunan itu sendiri.

Kustini berharap, pengurus Forum TJSP Kabupaten Sleman yang baru dilantik dapat merencanakan, menyusun, melaksanakan dan melakukan evaluasi pelaksaan program. Lalu, mampu memberikan solusi dan pemecahan masalah dalam pelaksanaan program.

Menurut Kustini, TJSP bila dilaksanakan secara benar akan memberikan dampak positif tidak cuma bagi perusahaan. Tapi, bagi lingkungan sekitar, termasuk sumber daya manusia, sumber daya alam dan seluruh pemangku kepentingan. 

"Hal itu perlu dilakukan agar program TJSP di Kabupaten Sleman ini dapat terlaksana secara berkeadilan dan memperoleh hasil yang optimal," kata Kustini, Selasa (5/10).

Ketua Forum TJSP periode 2018-2021, Muhammad Sigit menjelaskan, pada 2018-2020 mereka telah menggelar berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan realisasi mencapai lebih dari Rp 13,9 miliar. Sebanyak 344 kegiatan telah dilaksanakan.

Sedangkan, pada 2021 jumlah perusahaan yang aktif untuk pengajuan realisasi kegiatan TJSP sebanyak 130 perusahaan dan nonaktif 20 perusahaan. Direktur PD BPR Bank Sleman itu menekankan, sampai saat ini masih dilakukan proses rekap. "Pendataan kegiatan CSR masing-masing perusahaan sampai akhir 2021," kata Sigit.

Ketua Forum TJSP terpilih, Dwi Nurwata, mengajak seluruh pengurus Forum TJSP dan perusahaan di Kabupaten Sleman untuk mengoptimalkan pemanfaatan CSR. Tentu, ia menekankan, tanpa mengesampingkan-program-program yang ada di perusahaan. "Serta, sesuai perundang-undangan yang berlaku," ujar Dwi. 

Terkait


SIG Salurkan CSR Senilai Rp 725 Juta di Jateng

Capaian Vaksinasi Pangandaran Sudah 56 Persen

9 Misinformasi Covid-19 yang Bikin Frustrasi Dokter di AS

Satpol PP DIY Utamakan Edukasi Prokes Ketimbang Penindakan

Pasien Sembuh dari Covid-19 di DIY Bertambah 109 Orang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark