2 Laga Penentu Semifinal Bola Basket PON Papua Digelar Rabu

Pertandingan bola basket PON Papua 2021.
Pertandingan bola basket PON Papua 2021.
Foto: ANTARA/Novrian Arbi

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Kompetisi cabang olahraga bola basket PON XX Papua tiba pada hari terakhir pertandingan penyisihan grup, Rabu (6/10), yang seluruh laganya digelar di Mimika Sport Complex, Mimika. Ada empat pertandingan dari sektor putra yang digelar pada hari ini, dua di antaranya adalah partai penentuan kelolosan ke babak semifinal.

Laga penentu pertama adalah pertandingan Pool B Jawa Timur versus Bali mulai pukul 13.00 WIT. Jawa Timur dan Bali, yang kini sama-sama mengoleksi lima poin di klasemen sementara grup, diyakini akan bermain habis-habisan karena pemenang laga ini dipastikan mendampingi Sulawesi Utara ke empat besar. Sulawesi Utara sudah dipastikan melaju ke semifinal sebagai juara Pool B.

Sementara laga penentu semifinal kedua datang dari Pool A yaitu Jawa Tengah kontra DKI Jakarta yang dimulai pukul 15.00 WIT. Bukan cuma vital bagi Jawa Tengah dan DKI Jakarta, pertandingan tersebut juga akan memastikan nasib Jawa Barat.

Jawa Barat untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Pool A dengan tujuh poin dari tiga laga setelah pada pertandingan terakhirnya menundukkan Kalimantan Selatan 83-47, Senin (4/10). Namun, jumlah poin tersebut belum mengamankan jalan Jawa Barat ke semifinal lantaran DKI Jakarta (enam poin) masih akan menghadapi Jawa Tengah (lima poin).

Jawa Barat dengan koleksi tujuh poinnya akan ke semifinal jika DKI Jakarta menundukkan Jawa Tengah. Sebab, andai itu terjadi, maka DKI Jakarta akan mengantongi delapan poin dan Jawa Tengah hanya enam poin. Akan tetapi, misalnya DKI Jakarta kalah dari Jawa Tengah, itu berarti ketiga tim itu berpoin tujuh.

Dengan demikian, tim yang melaju ke semifinal ditentukan selisih poin memasukkan-kemasukan sesuai regulasi teknis bola basket 5x5 PON XX Papua ketika terjadi kasus lebih dari dua regu berpoin identik.

Baca juga : Jatim Juara Umum Cabor Wushu pada PON XX Papua

Adapun dua pertandingan lain pada Rabu yaitu Kalimantan Selatan versus Banten dan Sulawesi Utara versus Papua yang sudah tidak berpengaruh dengan status masing-masing di grup. Kalimantan Selatan, Banten, dan Papua sudah dipastikan tersingkir dari PON XX Papua.

Berikut jadwal lengkap pertandingan bola basket PON XX Papua pada Rabu (6/10).

Pukul 09.00-11.00 WIT - Kalimantan Selatan versus Banten (Pool A)

Pukul 11.00-13.00 WIT - Sulawesi Utara versus Papua (Pool B)

Pukul 13.00-15.00 WIT - Jawa Timur versus Bali (Pool B)

Pukul 15.00-17.00 WIT - Jawa Tengah versus DKI Jakarta (Pool A).

Komentar

Terkait


Sejumlah atlet dan ofisial yang berlaga di PON XX Papua ditemukan positif Covid-19, termasuk atlet asal Jabar.

Pemprov Jabar Telusuri Atlet dan Ofisial Positif Covid-19

Atlet renang perairan terbuka putra Jawa Barat Aflah Fadlan Prawira memacu kecepatannya saat final renang perairan terbuka 10.000 M putra PON Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021). Atlet renang perairan terbuka Jawa Barat Fadlan berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 2 jam 2 menit 50 detik sementara medali perak diraih atlet Jawa Timur Dimas Permana (2 jam 6 menit 6 detik) dan medali perunggu diraih atlet DKI Jakarta Joe Aditya (2 jam 7 menit 53 detik).

Atlet Renang Perairan Terbuka Asal Bekasi Sumbang Emas

Pebulu tangkis ganda putra Papua Arfan Abidin (kiri) dan Christopher Andar Fitzgerald berusaha mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis ganda putra Kalimantan Timur pada pertandingan penyisihan beregu putra PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Rabu (6/10/2021).

Penyisihan Bulu Tangkis Beregu Putra PON Papua

Penonton di tes antigen sebelum masuk venue angkat besi PON 2021 di Auditorium Uncen Jayapura, Papua.

Prokes di Venue Cabor Angkat Besi Berlangsung Ketat

Atlet taekwondo Jawa Barat Dinggo Ardian Prayogo (kiri) melepaskan tendangan ke arah atlet taekwondo Sumatra Barat Bimantara Subrata (kanan) saat pertandingan final Taekwondo kategori Kyorugi kelas under 80 Kg putra PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021).

PBTI: Atlet Pelatnas Gagal Raih Emas PON akan Dievalusi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image