Resep Odekta Raih Emas 10.000 Meter

Atlet DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (kiri) melakukan selebrasi usai menang pada final nomor Lari 10.000 meter Putri PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (7/10/2021). Odekta berhasil meraih medali emas, sementara pelari putri Kalimantan Timur  Irma Handayani meraih medali perak dan pelari putri DKI Jakarta Tryaningsih meraih medali perunggu.
Atlet DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (kiri) melakukan selebrasi usai menang pada final nomor Lari 10.000 meter Putri PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (7/10/2021). Odekta berhasil meraih medali emas, sementara pelari putri Kalimantan Timur Irma Handayani meraih medali perak dan pelari putri DKI Jakarta Tryaningsih meraih medali perunggu.
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi/YU

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Mengontrol emosi dan menguasai diri menjadi kunci bagi pelari jarak jauh asal DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho meraih medali emas nomor 10.000 meter putri cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Sabar diri, sadar diri, dan mengendalikan emosi, itu strateginya," ujar Odekta usai perlombaan di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Kamis (7/10).

Odekta mengatakan dalam perlombaan tersebut, musuh utama yang dihadapi bukanlah rival di lapangan, melainkan diri sendiri. Perempuan 30 tahun itu mengaku terus berupaya menguasai diri agar tidak terpancing emosi maupun nafsu selama bertanding.

Menurut dia, menguasai diri dan mempertahankan kemampuan diri merupakan kunci memenangkan pertandingan. "Kalau sudah bisa menguasai diri saya, berarti saya bisa menguasai lapangan," ujar peraih perunggu SEA Games Filipina 2019 itu.

Odekta berhasil menyabet medali emas dari nomor 10.000 meter putri. Berlomba di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Kamis, Odekta mencapai garis finis dengan catatan waktu 36 menit 07,70 detik.

Sementara pelari Kalimantan Timur Irma Handayani sukses mengemas medali perak dengan catatan waktu 37 menit dan 46 detik.

Adapun pelari senior DKI Jakarta Triyaningsih harus puas dengan medali perunggu usai finis peringkat ketiga dengan waktu 38 menit dan 19,51 detik.

Sebelumnya, pelari nasional itu juga telah mengamankan medali emas nomor 5.000 meter putri dua hari lalu.

Komentar

Terkait


Tanda silang untuk jaga jarak dipasang di kursi stadion Akuatik, Kompleks Kampung Harapan, Sentani, Kanupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10). Setelah terjadi kasus positif saat gelaran PON XX Papua, Sejumlah venue menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti pembatasan maksimal kapasitas arena dan penyediaan layanan vaksin dan swab antigen untuk penonton. Republika/Thoudy Badai

Penerapan Protokol Kesehatan di Ajang PON XX Papua

Relawan memasang stiker tanda layak makan di box nasi khusus untuk atlet dan SDM PON Papua di Dapur Umum I Kantor Bupati Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10). Dapur umum tersebut memasok konsumsi atlet dan SDM PON Papua sebanyak 50.000 nasi box dalam sehari untuk tiga kali waktu makan dengan memanfaatkan relawan warga lokal sebanyak 250 orang dan dibantu tenaga profesional. Selain itu penerapan protokol kesehatan yang ketat diberlakukan dalam proses memasak hingga pengemasan juga ditempelkan tanggal layak konsumsi dalam setiap box nasi. Republika/Thoudy Badai

Dapur Umum PON XX Papua Pasok 50 Ribu Nasi Box per Hari

Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjanjikan ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 untuk masyarakat di Papua. Ilustrasi

Satgas Pastikan Ketersediaan Isolasi Terpusat di Papua

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

Wiku: Ada 34 Kasus Positif Covid-19 di PON Papua

Pasangan Jawa Timur,David Agung Susanto/Christopher Rungkat dalam pertandingan babak Final Ganda Putra PON XX Papua 2021 di lapangan tenis Sian Soor Kantor Walikota Jayapura, Kamis (7/10).

Jatim Dulang Emas Tenis Ganda Putra

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image