Jumat 08 Oct 2021 13:00 WIB

5 Makanan Ini Bantu Jaga Kesehatan Otak

Makanan memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan otak.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Makanan memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan otak.
Foto: www.freepik.com.
Makanan memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otak yang terus berpikir akan mengalami kelelahan. Tidak heran jika jumlah penyakit kognitif dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan otak melonjak belakangan ini.

Dilansir dari food.ndtv pada Jumat (8/10), mengurangi waktu menatap layar, melakukan meditasi, relaksasi, dan olahraga, menjadi beberapa hal yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan otak. Namun, makanan juga memainkan peran utama dalam meningkatkan kesehatan otak.

Baca Juga

Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan bisa ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan fungsi otak. Demi menjaga kesehata otak, berikut daftar makanan yang dapat menjaga otak tetap sehat.

 

 1. Cokelat

Bagi pecinta cokelat, ini adalah kabar baik. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa mengkonsumsi cokelat mungkin bermanfaat bagi kesehatan otak.  Biji kakao memiliki beberapa molekul kecil di dalamnya yang disebut flavonol.  

Molekul-molekul ini dikatakan dapat meningkatkan kelincahan otak menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports. Ingatlah untuk mengkonsumsi lebih banyak cokelat hitam daripada jenis lainnya karena kandungan flavonoidnya lebih tinggi.  

 

2. Jeruk 

Buah lain yang kaya akan flavonoid adalah jeruk. Konsumsi jus jeruk segar buatan sendiri dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi jus jeruk setiap hari menunjukkan peningkatan keseluruhan dalam fungsi kognitif global.

 

3. Teh

Secangkir teh memiliki lebih banyak manfaat daripada yang diketahui. Teh dianggap bermanfaat untuk fungsi otak. Sebuah penelitian melihat dampak dari konsumsi teh secara teratur pada struktur otak. Studi tersebut mengatakan bahwa peminum teh mungkin memiliki keunggulan dibandingkan mereka yang tidak, dimana mereka mungkin memiliki struktur otak yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement