Pemkot Konsultasi dengan Pusat Uji Coba Buka Tempat Wisata

Red: Bilal Ramadhan

Anak dan para remaja Kelurahan Kasin, Kota Malang ikut meresmikan Kampung Keramat sebagai destinasi wisata tematik baru.
Anak dan para remaja Kelurahan Kasin, Kota Malang ikut meresmikan Kampung Keramat sebagai destinasi wisata tematik baru. | Foto: Republika/Wilda Fizriyani

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota Malang tengah melakukan langkah konsultasi dengan pemerintah pusat, terkait dengan uji coba operasional daerah tujuan wisata pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan pihaknya akan melakukan audiensi dengan Perhimpunan Hotel, dan Restoran Indonesia (PHRI), termasuk para pedagang terkait penambahan destinasi wisata yang akan dilakukan uji coba operasional.

"Kita akan segera rapat, mengundang PHRI, termasuk pedagang. Kita akan konsultasikan dengan kementerian," kata Sutiaji.

Untuk saat ini, di Kota Malang, Hawai Group merupakan satu-satunya pengelola destinasi wisata yang diizinkan untuk melakukan uji coba operasional. Dari empat spot wisata yang dikelola Hawai Grup, tiga destinasi melakukan uji coba operasional.

Sutiaji menjelaskan, salah satu persyaratan destinasi wisata diperbolehkan untuk melakukan uji coba operasional pada masa PPKM level 3 adalah, dengan menerapkan skema aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, lanjutnya, untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah, tidak diperbolehkan untuk masuk ke destinasi wisata. Ketentuan tersebut, dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif.

"Untuk PPKM level 3, ada tempat-tempat wisata yang dilakukan uji coba. Namun, dengan syarat ada PeduliLindungi, dan anak 12 tahun tidak boleh masuk," katanya.

Sebagai informasi, Kota Malang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Provinsi Jawa Timur. Kota tersebut memiliki potensi pada wisata perkotaan, termasuk potensi pada pusat-pusat perbelanjaan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Malang menyatakan telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif untuk pembukaan sejumlah destinasi wisata seperti kampung tematik, yang ada di wilayah Kota Malang.

Di Kota Malang, setidaknya ada sebanyak 43 kampung wisata tematik yang sudah diajukan untuk diizinkan beroperasi ke pemerintah pusat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Situ Lebak Wangi di Parung Diresmikan Jadi Objek Wisata

Disnaker Imbau Pelaku Usaha Kuliner Jaga Higienitas Makanan

Sebanyak 95 Persen Siswa di Kota Malang Sudah Divaksinasi

Vaksinasi Targetkan Disabilitas, Lansia dan ODGJ di Bekasi

Merck Tepis Tuduhan Bahaya Penggunaan Molnupiravir

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark