Jumat 08 Oct 2021 14:13 WIB

Jokowi Tinjau Hutan Mangrove di Bali

Kawasan hutan mangrove di Bali direhabilitasi sejak 1992.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah warga menyusuri kawasan hutan mangove di wilayah Kedonganan, Badung, Bali. Pada Jumat (7/10), Presiden Joko Widodo meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Sejumlah warga menyusuri kawasan hutan mangove di wilayah Kedonganan, Badung, Bali. Pada Jumat (7/10), Presiden Joko Widodo meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Jumat (8/10). Didampingi sejumlah menteri lainnya, Presiden dan Ibu Negara berjalan kaki di atas jembatan kayu menelusuri kawasan hutan mangrove sejauh 500 meter hingga menara pandang.

Pengelola Taman Hutan Raya, Komang Tri menjelaskan, kawasan hutan mangrove ini direhabilitasi sejak 1992. “Luas kawasan ini sebesar 268 hektare. Sebelumnya merupakan lahan eks tambak ikan dan udang yang terbengkalai. Sejak 1992 direhabilitasi dan berhasil dengan baik. Saat ini terdapat 92 jenis burung dan 33 jenis tanaman mangrove,” jelas Komang Tri, dikutip dari siaran resmi Istana.

Baca Juga

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukan, luas lahan mangrove di Provinsi Bali mencapai 2.143,97 hektare. Dari luas tersebut, 19 hektare di antaranya termasuk kategori kerapatan jarang, serta masih terdapat habitat mangrove yang berpotensi dapat ditanami seluas 263 hektare.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, keberhasilan konservasi hutan mangrove di Mangrove Conservation Forest beriringan dengan alih usaha dari budidaya tambak menjadi multi usaha lain berbasis ekosistem mangrove, seperti budidaya ikan tangkap, hasil pengolahan produk mangrove nonkayu, serta pariwisata.

Upaya tersebut menunjukkan bahwa pemulihan ekosistem mangrove dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal maupun regional. Diharapkan, komitmen ekonomi hijau Indonesia ini nantinya juga dapat ditunjukkan pada para anggota delegasi G20 pada KTT G20 tahun 2022 di Bali nanti.

Dalam peninjauan Taman Hutan Raya ini, Presiden dan Ibu Iriana didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmaja, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Wakil Menteri LHK Alue Dohong,

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement