Sabtu 09 Oct 2021 03:26 WIB

Hari Telur Sedunia, Kenali 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Hari Telur Sedunia diperingati tiap 8 Oktober.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Telur rebus. Tanggal 8 Oktober diperingati sebagai Hari Telur Sedunia.
Foto: Pixabay
Telur rebus. Tanggal 8 Oktober diperingati sebagai Hari Telur Sedunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur adalah salah satu makanan paling populer di dunia yang sangat mudah dimasak. Tinggal diceplok, direbus, atau didadar saja, telur sudah bisa mengisi perut yang keroncongan.

Tanggal 8 Oktober diperingati sebagai Hari Telur Sedunia. Hari ini bertujuan untuk merayakan salah satu superfood tersebut sekaligus menjadi ajang meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat luar biasa telur. Berikut manfaat telur, seperti dikutip dari Times Now News, Jumat (8/10).

Baca Juga

1. Menyehatkan jantung

Selama ini, banyak yang percaya bahwa telur menyebabkan kolesterol naik. Padahal, telur bisa membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

American Heart Association mengatakan bahwa makan satu telur setiap hari tidak akan membuat kadar kolesterol meningkat. Sebaliknya, kebiasaan itu bisa menyehatkan jantung dan mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Kesehatan mata bersifat degeneratif, sehingga penting mengambil langkah-langkah pencegahan supaya mata bisa terus sehat dalam jangka panjang. Telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang menyehatkan mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement