Bupati Jayapura: PON XX Bisa Ubah Perilaku Masyarakat

Bupati Jayapura: PON XX Bisa Ubah Perilaku Masyarakat. Foto: Pegulat putri Sumbar Elvi Siska (atas) berusaha mengunci pegulat putri Papua Dewi Sartika (bawah) saat bertanding pada Gulat Gaya Bebas kelas 50 Kg Putri PON Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (8/10/2021). Elvi Siska berhasil meraih medali perunggu setelah menang atas Dewi Sartika.
Bupati Jayapura: PON XX Bisa Ubah Perilaku Masyarakat. Foto: Pegulat putri Sumbar Elvi Siska (atas) berusaha mengunci pegulat putri Papua Dewi Sartika (bawah) saat bertanding pada Gulat Gaya Bebas kelas 50 Kg Putri PON Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (8/10/2021). Elvi Siska berhasil meraih medali perunggu setelah menang atas Dewi Sartika.
Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw menegaskan, sejak awal dalam persiapan pelaksanaan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua, panitia sudah berkomiten memastikan PON XX Papua berjalan sukses.

Khusus untuk di Kabupaten Jayapura, ada 4+1 indikator suskes, yakni prestasi, penyelenggaraan, administrasi, ekonomi dan ditambah sukses bebas Covid-19.

Baca Juga

“Kami sudah komit bahwa PON ini harus sukses. Di Kabupaten Jayapura kita tambah satu lagi, sukses bebas Covid-19. Itu terus kita galakan dengan semua sumber daya yang ada,” ujarnya dalam diskusi daring, Jumat (8/10).

Ia juga menyampaikan PON XX Papua merupakan salah satu momentum untuk mengubah perilaku masyarakat setempat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Melalui PON ini, kata dia, masyarakat jadi berbondong-bondong ingin divaksinasi. Selain itu, masyarakat juga menjadi giat mentaati protokol kesehatan.

"Memang perubahan perilaku tidak bisa diubah dengan sekejap, tapi dengan adanya agenda ini banyak orang mau divaksinasi. Ini momentum yang bagus. Semua orang mau menjaga protokol kesehatan ini dan merelakan diri untuk melakukan vaksinasi," kata Mathius.

Ia pun berharap ajang PON di Papua kali ini juga bisa menunjukkan kesuksesan daerahnya pada sisi penanganan Covid-19. "Kalau tidak demikian tidak berpartisipasi dalam perhelatan ini. Ini bisa jadi cara untuk hal-hal lain, keikutsertaan masyarakat mudah-mudahan kita bisa lalui PON ini bisa persembahkan PON ini dengan hasil terbaik. Bukan 4 sukses (sukses prestasi, pelaksanaan, administrasi, dan ekonomi), tapi penanganan Covid-19 juga mendapat tempat yang terbaik dalam suksesnya PON ini," ujarnya.

Juru bicara Satgas Covid-19, Papua, Silwanus Sumule, mengungkapkan saat ini total 57 orang terkonfirmasi positif Covid-19 pada penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua. Namun, lanjut Silwanus, ada hal yang menggembirakan , seluruh kasus Covid-19 yang ditemukan pada perhelatan PON XX masuk kategori tanpa gejala dan gejala ringan.

Ia pun tak memungkiri sempat adanya kelonggaran protokol kesehatan saat pembukaan PON pada Sabtu (2/10) lalu. Hal tersebut lantaran euforia masyarakat Papua yang menantikan perhelatan besar di Bumi Cenderawasih. Namun, untuk saat ini , pihaknya memastikan masyarakat sudah mulai secara bertahap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Satgas Covid-19 Pemerintah Provinsi Papua pun memastikan bahwa mereka yang positif Covid-19 pada saat penyelenggaraan PON XX akan mendapat pelayanan terbaik. Serta dipastikan pulang ke daerah asal dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19.

"Kami pastikan semuanya akan jalan dengan baik," tegasnya.

 

Komentar

Terkait


Sejumlah penonton duduk dengan menjaga jarak saat menyaksikan pertandingan babak penyisihan tarung derajat PON Papua di Gedung Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (8/20/2021). Panitia pelaksana memasang tali-tali penanda jarak antar penonton sebagai salah satu protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Prokes Cegah Covid-19 di Arena Tarung Derajat PON Papua

Gubernur Optimistis Sumbar Terus Tambah Medali Emas. Foto:  Pesepak takraw putri Sumatera Barat Riza Putri Amira (kanan) menyundul bola ke arah pesepak takraw putri Lampung Nining Safitri (kiri) dalam pertandingan penyisihan sepak takraw double event putri PON Papua di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021). Tim sepak takraw putri Sumbar mengalahkan tim sepak takraw putri Lampung dengan skor 2-0 (21-17, 21-13).

Gubernur Optimistis Sumbar Terus Tambah Medali Emas

Lifter putri Indonesia Nurul Akmal.

Lifter Putri Olimpiade Puji Prokes Venue Angkat Besi

Pengunjung mengantre untuk melakukan tes usap antigen sebelum memasuki arena cabang olahraga dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10). Dalam gelaran PON XX Papua, Cabor Dayung Rowing menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung yang menyaksikan pertandingan dengan mewajibkan menunjukan surat vaksin atau menjalani tes usap antigen sebelum memasuki arena pertandingan sebagai antisipasi penyebaran covid-19 saat gelaran PON XX Papua.

Swab Antigen Penonton Dayung PON XX Papua

Logo PON XX Papua

Ekshibisi Pentathlon Digelar di PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image