Warga Rela Berpanas-panas demi Nonton Balapan Motor PON

Warga menyaksikan perlombaan balap motor cross PON Papua di Arena Balap Motor Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (9/10/2021)
Warga menyaksikan perlombaan balap motor cross PON Papua di Arena Balap Motor Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (9/10/2021)
Foto: ANTARA/Galih Pradipta

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Cabang olahraga balap motor PON Papua menarik animo yang sangat besar dari masyarakat. Mereka rela berpanas-panasan di bawah terik matahari demi menyaksikan para jagoan balap di Sirkuit Fregeb Waninggap, Tanah Miring, Merauke.

Seperti halnya gelaran roadrace pada dua hari sebelumnya, nomor motorcross yang dilombakan pada Sabtu (9/10) menggaet lebih banyak penonton yang berjajar di sepanjang pagar pembatas trek tanah itu. Beberapa warga bahkan datang secara berombongan diangkut menggunakan truk, yang mereka gunakan sebagai 'tribun dadakan' di sisi luar pagar trek.

Tak sedikit pula orang tua yang membawa anak-anaknya yang masih balita menonton olahraga yang menjadi salah satu favorit di Merauke itu. Yosias Ndun, seorang guru SMP di Senayu, menyempatkan diri menyambangi sirkuit motorcross Tanah Miring yang berjarak lebih dari satu jam dari tempat ia mengajar.

photo
Warga menyaksikan perlombaan balap motor cross PON Papua di Arena Balap Motor Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (9/10/2021). - (ANTARA/Galih Pradipta)

Yosias pun mengajak putranya, Rizan, yang antusias ingin menonton para crosser melompat tinggi di atas gundukan pasir tertinggi setelah garis finis. "Rata-rata orang sini suka balap, tapi yang berlumpur-lumpur," kata Yosias.

Ribuan warga memadati bahu jalan dan sebagian melompati parit demi spot yang lebih dekat ke trek. Bahkan, tak sedikit dari mereka memanjat pohon-pohon di sekitar.

Ibu Ernawati menjadi salah satu warga yang menonton dari luar pagar karena beliau belum boleh divaksin. "Saya baru pertama kali ini menonton balapan," kata Ernawati yang datang ke sirkuit mengajak cucunya.

Erna dan sejumlah kerabat yang turut serta tampak antusias menyaksikan crosser-crosser nasional beraksi di sirkuit kebanggaan Merauke itu. "Saya juga punya anak, dia suka motor. Tapi, sejak menikah, dia sudah tidak balapan lagi," kata Erna memberi gambaran bagaimana populernya balapan di mata warga setempat.

Crosser tim DKI Jakarta, M. Delvintor Alfarizi, merasakan sendiri bagaimana antusiasme warga setempat yang menyaksikan gelaran motorcross yang untuk pertama kali digelar di PON. "Euforianya asyik banget. Lumayan banyak juga penontonnya kalau saya lihat," kata Delvintor.

photo
Warga menyaksikan perlombaan balap motor cross PON Papua di Arena Balap Motor Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (9/10/2021). - (ANTARA/Galih Pradipta)

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, mengatakan hal serupa ketika meninjau kesiapan Sirkuit Tanah Miring beberapa hari lalu. Ia mengatakan bahwa olahraga balap sangat cocok dengan karakteristik warga Merauke.

"Hampir setiap anak Merauke ini memiliki jiwa balapan," ungkap Bupati Romanus ketika ditemui Antara.

"Jadi kalau hitungan saya, untuk semua venue (yang ada di Merauke), mungkin venue yang akan paling ramai adalah balapan motor, karena luar biasa animo rakyat di Merauke, rakyat di Papua," katanya.

 

Komentar

Terkait


Lifter putri Aceh Nurul Akmal melakukan angkatan ?clean and jerk? pada kelas di atas 87 kg PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021). Lifter putri Aceh Nurul Akmal berhasil meraih medali emas dengan total angkatan 258 kg sementara medali perak diraih lifter Kalimantan Barat Riska Oktaviana dengan total angkatan 223 kg.

Atlet PON Peraih Emas Ini Ditemukan di Pematang Sawah

Pebasket putra DKI Jakarta memperlihatkan medalinya usai pertandingan final basket putra 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Tim basket putra DKI Jakarta meraih medali emas, sementara Sulawesi Utara mendapat medali perak dan medali perunggu diraih Jawa Timur.

DKI-Jatim Berjaya di Cabang Populer, Jabar Pimpin Klasemen

Ilustrasi. Lomba paralayang pada PON XX Papua.

Ketua Dewan Hakim PON XX Papua Meninggal Dunia

Ilustrasi angkat besi

Lifter Maharani Persembahkan Emas untuk Riau

ilustrasi biliar

Rizky Rahasiakan Karier Biliar dari Neneknya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image