Rabu 13 Oct 2021 06:26 WIB

Timnas Indonesia Diminta tak Cepat Puas

Tim-tim kuat sudah menunggu Indonesia di babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Foto: EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Indonesia memastikan diri lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023 usai menaklukkan Taiwan dalam dua leg di laga play-off. Setelah menang tipis 2-1 di pertemuan pertama, skuad Garuda unggul meyakinkan dengan skor 3-0 pada leg kedua di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10) malam WIB.

Kesuksesan tim asuhan Shin Tae-yong ini tentu mengobati dahaga masyarakat Indonesia yang rindu kemenangan. Selain itu, permainan yang dipertontonkan Evan Dimas dkk juga menunjukkan Indonesia punya kelas. Itu berarti, evaluasi dari Shin Tae-yong dalam penyelesaian akhir bekerja dengan baik.

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak Egy Maulana pada menit ke-27, Ricky Kambuaya di menit ke-54, dan Witan Sulaeman di menit ke-90+3. Shin mengaku puas dengan performa tim asuhannya tersebut. Ia pun mengapresiasi kerja keras anak asuhnya sepanjang pertandingan.

"Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan. Jadi, untuk ke depannya kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti akan lebih berkembang," kata Shin setelah pertandingan.

Kendati demikian, pelatih berusia 52 tahun tersebut menilai masih perlu ada perbaikan di sektor pertahanan. Pasalnya, Indonesia beberapa kali hampir kecolongan karena membiarkan pemain lawan berdiri tanpa penjagaan. Ia melihat sektor pertahanan harus lebih stabil lagi.

Baca juga : Indonesia Runner-up Grup A Piala Uber Usai Dikalahkan Jepang

"Meski hari ini kami mampu mencetak tiga gol, namun harus ditingkatkan lagi permainan dan kualitas golnya. Kami ingin lebih baik lagi ke depannya dan ini adalah langkah pertama kami," kata Shin.

Selanjutnya, tim Merah Putih berhak bergabung dengan Nepal, Mongolia, Bangladesh, dan Sri Langka di pot nomor empat. Adapun satu slot lagi masih diperebutkan oleh Kamboja dan Guam yang akan melakoni laga leg kedua pada Selasa (12/10) malam WIB. Kamboja unggul 1-0 pada leg pertama.

Selain Indonesia, lima negara Asia Tenggara lainnya sudah lebih dulu memastikan lolos ke babak kualifikasi. Thailand, Filipina, dan Myanmar tergabung di pot nomor dua. Sementara Malaysia dan Singapura menempati pot nomor tiga. Nantinya 24 negara dibagi ke dalam enam grup untuk memperebutkan 11 tiket ke Piala Asia 2023.

Rencananya, Kualifikasi Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 1 Februari hingga 27 September 2022. Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang sudah memastikan tempat di putaran final Piala Asia 2023 karena menghuni dua besar klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, berpesan kepada pemain timnas Indonesia agar tidak cepat puas. Menurutnya, tim-tim kuat sudah menunggu di babak kualifikasi nanti.

Iriawan ingin Evan Dimas dkk tetap bekerja keras, bermain maksimal, dan terus mengikuti instruksi dari tim pelatih. "Kami tentu akan mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi prestasi skuad Garuda," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (12/10).

Baca juga : FEO Tinjau Pilihan Sirkuit Formula E Bulan Ini

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ اَنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ لَفٰسِقُوْنَ
dan hendaklah engkau memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka. Dan waspadalah terhadap mereka, jangan sampai mereka memperdayakan engkau terhadap sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement