Jumat 15 Oct 2021 19:12 WIB

Amartha Dorong Perempuan di Pedesaan Jadi Pengusaha

Amartha telah menyalurkan pendanaan ke pengusaha perempuan di 3.165 desa di Jatim

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Chief Commercial Officer Amartha, Hadi Wenas.  Perusahaan fintech peer-to-peer lending, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) terus berupaya mendorong tumbuhnya UMKM yang dimotori perempuan di pedesaan, melalui penyaluran modal. Tidak terkecuali di Jawa Timur.
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Chief Commercial Officer Amartha, Hadi Wenas. Perusahaan fintech peer-to-peer lending, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) terus berupaya mendorong tumbuhnya UMKM yang dimotori perempuan di pedesaan, melalui penyaluran modal. Tidak terkecuali di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perusahaan fintech peer-to-peer lending, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) terus berupaya mendorong tumbuhnya UMKM yang dimotori perempuan di pedesaan, melalui penyaluran modal. Tidak terkecuali di Jawa Timur.

Chief Commercial Officer Amartha, Hadi Wenas mengungkapkan, hingga September 2021 pihaknya mencatatkan penyaluran modal sebesar Rp 320,5 miliar khusus untuk area Jawa Timur.

"Pendanaan disalurkan 100 persen kepada perempuan pengusaha mikro yang tersebar di 3.165 desa di Provinsi Jawa Timur," ujar Wenas di Surabaya, Jumat (15/10).

Wenas menjelaskan, pihaknya mengelola lebih dari 170.000 mitra yang tersebar di 23 kota di Provinsi Jawa Timur, seperti Surabaya, Pacitan, Jombang, Banyuwangi, dan daerah lainnya. Mitra Amartha menjalankan UMKM yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari perdagangan, industri rumah tangga, maupun kerajinan tangan.

"Namun sektor perdagangan merupakan sektor yang paling dominan dipilih oleh mitra Amartha, porsinya mencapai 60 persen," ujar Wenas.

Wenas menyampaikan, potensi pengembangan UMKM di wilayah Jawa Timur cukup besar dan terbilang cukup stabil di tengah tantangan pandemi Covid-19. Ini terlihat dari catatan tingkat pengembalian atau repayment rate wilayah Jawa Timur yang mencapai 98,17 persen.

"Memang perolehan ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan provinsi lain di luar pulau Jawa yang mencapai 99 persen. Namun, mengingat kondisi pandemi Covid-19 di Jawa lebih tinggi daripada di luar Jawa, perolehan ini sudah cukup baik dan bisa ditingkatkan seiring dengan perbaikan ekonomi pascaCovid-19," kata Wenas.

Wenas mengakui, perkembangan bisnis Amartha di Jawa Timur tidak lepas dari adanya kolaborasi yang sinergis dengan sektor perbankan. Salah satunya Bank Jatim yang telah bergabung sebagai pendana institusi di Amartha sejak tahun 2020 lalu. Bank Jatim saat itu berkomitmen menyalurkan pendanaan sebesar Rp 500 miliar melalui Amartha untuk mendongkrak potensi UMKM di Jawa Timur. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا عَرَّضْتُمْ بِهٖ مِنْ خِطْبَةِ النِّسَاۤءِ اَوْ اَكْنَنْتُمْ فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ سَتَذْكُرُوْنَهُنَّ وَلٰكِنْ لَّا تُوَاعِدُوْهُنَّ سِرًّا اِلَّآ اَنْ تَقُوْلُوْا قَوْلًا مَّعْرُوْفًا ەۗ وَلَا تَعْزِمُوْا عُقْدَةَ النِّكَاحِ حَتّٰى يَبْلُغَ الْكِتٰبُ اَجَلَهٗ ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوْهُ ۚوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ ࣖ
Dan tidak ada dosa bagimu meminang perempuan-perempuan itu dengan sindiran atau kamu sembunyikan (keinginanmu) dalam hati. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut kepada mereka. Tetapi janganlah kamu membuat perjanjian (untuk menikah) dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan kata-kata yang baik. Dan janganlah kamu menetapkan akad nikah, sebelum habis masa idahnya. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu, maka takutlah kepada-Nya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun.

(QS. Al-Baqarah ayat 235)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement