Selasa 19 Oct 2021 07:40 WIB

Bawang Hitam Kaya akan Nutrisi, Cara Membuatnya?

Bawang hitam bisa dibuat sendiri di rumah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih yang disimpan dalam suhu dan kelembapan tertentu.
Foto: Istimewa
Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih yang disimpan dalam suhu dan kelembapan tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ragam hidangan khas Indonesia kerap menambahkan bawang putih dalam bumbunya. Selain memperkaya cita rasa, tanaman herba ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

Bawang putih juga membantu menjaga tubuh dari infeksi, pilek, dan memperlancar saluran pencernaan dan pernapasan. Bawang putih juga termasuk prebiotik yang membantu mempromosikan bakteri baik dan menghilangkan bakteri negatif.

Baca Juga

Berbicara soal khasiat bawang putih, pernahkah Anda mencicipi bawang hitam? Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih yang disimpan dalam suhu dan kelembapan tertentu.

Ahli gizi dari India, Shonali Sabherwal, mengatakan bahwa bawang putih fermentasi mengandung bioaktif yang tinggi sehingga layak dikonsumsi setiap hari. Sesuai penelitian, proses fermentasi pada bawang putih meningkatkan kadar nutrisi dan membuatnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

"Malahan, 90 hari setelah fermentasi, kandungan lemak dan karbohidratnya mencapai kadar tertinggi," kata Sabherwal, seperti dikutip dari The Indian Express, Selasa (19/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement