Selasa 19 Oct 2021 20:44 WIB

Bartomeu Ungkap Barcelona Pernah Hampir Datangkan Mbappe

Namun pada akhirnya Barca lebih memilih untuk merekrut Ousmane Dembele.

Red: Endro Yuwanto
Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain (PSG).
Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain (PSG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengungkapkan mantan klubnya pernah hampir mendatangkan Kylian Mbappe. Tetapi pada akhirnya Barca lebih memilih untuk merekrut Ousmane Dembele.

"Kedatangan (Mbappe) ada di atas meja, tetapi para pelatih lebih memilih Dembele karena mereka menginginkan pemain yang akan membuka ruang di lapangan," ujar Bartomeu dikutip dari AS, Selasa (19/10).

Selanjutnya, transfer Ousmane Dembele ke Barcelona mendapatkan kritikan dari banyak pihak setelah pemain asal Prancis itu gagal memenuhi ekspektasi karena lebih sering dibekap cedera. Selain transfer Dembele, Bartomeu juga kerap dikritik karena mendatangkan Philippe Coutinho yang hingga saat ini belum bisa menunjukkan puncak performa seperti di Liverpool.

Soal hal itu, Bartomeu mengatakan kejadian di mana rekrutan yang datang dengan gelontoran uang yang besar namun tidak sesuai ekspektasi adalah hal yang sering terjadi di sepak bola.

"Beberapa dari kita sudah melakukan sesuatu yang tak sesuai ekspektasi, pemain yang datang dengan uang yang banyak, tapi hal ini sering terjadi di sepak bola," jelas Bartomeu. "Ketika dua pemain ini didatangkan, mereka diapresiasi oleh semua orang. Coutinho datang karena Iniesta pergi. Dia adalah yang terbaik di Liga Primer. Dembele datang karena kepergian Neymar. Parameternya, berdasarkan spesialis, adalah 50 persen benar dan tidak benar."

Dembele datang ke Barcelona Agustus 2017 menyusul kepergian Neymar ke PSG, sedangkan Coutiho didatangkan dari Liverpool pada Januari 2018. Selama membela Barcelona, Dembele tercatat menorehkan 118 penampilan dengan torehan 30 gol dan 21 assist. Namun ia lebih sering menepi karena kerap dibekap cedera.

Di sisi lain, Coutinho sejak pertama kali kedatangannya belum bisa menunjukkan performa terbaiknya dan sempat dipinjamkan ke Bayern Muenchen selama satu musim pada 2019 hingga 2020.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement