Sabtu 23 Oct 2021 20:14 WIB

Wali Kota Dorong Pramuka Bantu Pemkot Tangani Pandemi

Gerakan pramuka harus cepat hadir di situasi apapun seperti bencana atau kesulitan

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mendorong pramuka bersinergi dalam penanganan pandemi dalam Muscab Pramuka Kota Sukabumi di Hotel Balcony, Sabtu (23/10).
Foto: riga nurul iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mendorong pramuka bersinergi dalam penanganan pandemi dalam Muscab Pramuka Kota Sukabumi di Hotel Balcony, Sabtu (23/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Gerakan Pramuka di Kota Sukabumi didorong untuk aktif dalam membantu percepatan penanganan Covid-19. Terutama dalam mengedukasi warga terkait disiplin menjaga protokol kesehatan dan mengajak untuk vaksinasi.

Hal ini mengemuka dalam Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Tahun 2021 masa bhakti 2021-2026 di Hotel Balcony Sukabumi, Sabtu (23/10). Dalam momen ini terpilih Dida Sembada (Sekda Kota Sukabumi-red) sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sukabumi.

'' Setelah digelarnya muscab, banyak kegiatan besar terlebih di masa pandemi,'' ujar Wali Kota Sukabumi sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana pramuka harus dinamis dan adaftif dalam merespon permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Responsif ungkap Fahmi, dalam artian bagaimana gerakan pramuka harus cepat hadir di situasi apapun seperti bencana atau kesulitan di masyarakat. Misalnya di masa pandemi ini pramuka berperan dalam mengedukasi dan menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan. Sehingga harapanya pandemi Covid di Kota Sukabumi bisa segera berakhir. Di sisi lain Fahmi berharap pelaksanaan muscab dilandasi musyawarah mufakat demi kecintaan kepada pramuka dan pelaksanaan program pramuka.

'' Mudah-mudahan dalam kepengurusan baru nanti makin kokoh, kuat mengakar di tengah masyarakat,'' ujar Fahmi. Pasca pelaksanaan muscab segera dibentuk langkah strategis gerakan pramuka bagian khususnya dalam mempercepat pembangunan di Kota Sukabumi dan bersinerhis antara pramuka dan pemkot.

Sebab lanjut Fahmi, kebersamaan inilah yang menguatkan gerakan pramuka dan terus akan memasifkan kebaikan. Harapannya hal ini bisa terwujud dalam kepengurusan baru nanti. Andalan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Yasin Zaenudin menuturkan, muscab penting dalam menentukan pemimpin yang melaksanakan tugas. Khususnya makna strategis pendidikan kepramukaan kepada peserta didik di sekolah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement