Kamis 28 Oct 2021 10:40 WIB

3 Situs Jejak Nabi Ibrahim AS

Jejak situs saksi dakwah Nabi Ibrahim AS masih bisa ditelusuri hingga kini.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
3 Situs Jejak Nabi Ibrahim AS

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Situs Jejak Nabi Ibrahim AS

Ibrahim AS adalah nabi bagi tiga agama Aamawi, yakni Yahudi, Nasrani, dan Islam. Karena itulah ia dikenal dengan julukan father of religions, bapak tiga agama. Ia diutus untuk berdakwah ke kaum Kaldan yang berdomisili di Kota Ur, kini Irak. Kisah tentang Nabi yang bergelar khalilullah, kekasih Allah itu, banyak diabadikan dalam Alquran, baik sejak berada di Irak atau ketika sudah berada di Tanah Hijaz.

Jejak-jejak situs yang pernah menjadi saksi dakwah dan perjuangan dari Ayahanda Ismail AS ini, masih bisa ditelusuri hingga kini. Berikut beberapa situs penting bersejarah tersebut:

>Situs pembakaran

Lokasi ini diyakini sebagai tempat yang digunakan oleh Raja Namrud untuk melemparkan Ibrahim ke dalam api. Situs ini terletak di Urfa, Turki. Tak jauh dari lokasi ini pula, diklaim tempat kelahiran Ibrahim. 

>Pijakan membangun Ka'bah

Maqam Ibrahim adalah tempat berpijak Nabi Ibrahim ketika membangun Ka'bah bersama Ismail. Di atas tempat inilah, Ibrahim membangun Ka'bah hingga tinggi. Ismail bertugas memberikan batu kepada sang ayah. Batu tersebut diperoleh dari lima pegunungan yang berbeda, yakni Hira, Thubayr, Labnaan, Sinai, dan Jabal Khair.

>Hijr Ismail

Hateem atau yang dikenal pula dengan Hijr Ismail merupakan lokasi tempat Ibrahim membangun peristirahatan untuk istrinya, Hajrah dan sang anak, Ismail. Tempat ini berbatasan langsung dengan Ka'bah.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: Republika/berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement