Kamis 28 Oct 2021 12:27 WIB

China Desak Bank Dunia dan IMF Bantu Afghanistan

China meminta AS untuk mencabut sanksi sepihak ke Afghanistan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri China Wang Yi.
Foto: AP/Ng Han Guan
Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Menteri Luar Negeri China Wang Yi mendesak Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk melanjutkan dukungan pembiayaan ke Afghanistan. Sejak Taliban kembali berkuasa, Afghanistan mengalami kekurangan anggaran untuk rekonstruksi dan pembangunan.

“Afghanistan membutuhkan kebangkitan di semua lini, dan pembangunan adalah prioritas utama,” kata Wang.

 

Wang memperbarui seruan kepada Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya untuk mencabut sanksi sepihak terhadap Afghanistan. Wang juga menyerukan agar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan lebih banyak vaksin dan pasokan medis untuk membantu Afghanistan memerangi Covid-19.

 

China akan mengirim bantuan kemanusiaan darurat senilai 30 juta dolar AS ke Afghanistan. Wang mengatakan, China selalu menyerukan komunitas internasional untuk melibatkan Taliban, dan bukan mengisolasi mereka.

 

"Kesan saya, secara keseluruhan adalah bahwa Taliban sangat ingin melakukan dialog dan kerja sama dengan pihak luar, dan bahwa mereka serius tentang hal ini,” kata Wang.

 

Amerika Serikat membekukan dana cadangan bank sentral Afghanistan yang bernilai miliaran dolar AS. Selain itu, lembaga keuangan internasional juga menangguhkan akses Afghanistan untuk mendapatkan dana, meskipun bantuan kemanusiaan terus berlanjut.

 

Perbankan di Afghanistan kehabisan uang. Pegawai negeri di Afghanistan belum menerima gaji dan harga pangan melonjak.  IMF mengatakan,  ekonomi Afghanistan akan berkontraksi hingga 30 persen tahun ini, dan mungkin memicu krisis pengungsi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا
Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

(QS. Al-Ahzab ayat 35)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement