Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abu Ubaidillah

Subhanallah, Ini Kecantikan Bidadari Surga Menurut Al-Quran

Agama | Saturday, 30 Oct 2021, 14:02 WIB
abiabiz" />
ilustrasi bidadari surga. sumber: abiabiz

Allah SWT sudah menjanjikan bidadari surga bagi setiap hamba yang beriman dan bertakwa. Bidadari bierada di surga, sebagai tempat terindah yang sudah ditetapkan Allah SWT bagi hamba-Nya yang lulus dari cobaan kehidupan.

Tentang penggambaran bidadari surga, mungkin akal manusia tidak mampu melukiskannya. Bidadari yang menyinari dunia jelas berbeda dengan matahari yang sinarnya masih menggelapkan sebagian wilayah bumi.

Mereka diciptakan tanpa celah, tiada bandingannya bila disandingkan denan para wanita di dunia. Pasalnya, bidadari tak memiliki usia yang memudarkan kecantikan, mereka senantiasa berada pada usia belia.

Berikut beberapa gambaran bidadari surga yang tercantum dalam Al-Quran.

1. Perempuan Suci

Surah Al-Baqarah ayat 25 menjelaskan bahwa bidadari surga adalah perempuan suci yang tidak mengalami menstruasi, nifas, buang air kecil, buang air besar, meludah, keluar ingus, ataupun kotoran lainnya.

Mereka para bidadari surga juga memiliki hati yang suci, bebas dari akhlak buruk, dan lisannya senantiasa dijaga dari perkataan kotor. Cintanya begitu murni karena hanya tertarik kepada suaminya, demikian juga pakaiannya selalu suci dari najis dan kotoran.

2. Cantik Lahir Batin

Menurut Surah Ar-Rahmaan ayat 70, Allah SWT berfirman bahwa di surga ada bidadari yang baik akhlaknya dan cantik parasnya. Kecantikannya sempurna, terkumpul dari sisi lahir dan batin pada bidadari tersebut.

Bidadari surga juga digambarkan dalam surat Ar-Rahmaan 56-58 selalu menundukkan pandangannya. Mereka hanya terpusar pada suaminya dan tidak memandang pria lain serta tidak tertarik selain kepada suaminya.

3. Dipingit dalam Rumah

Kemudian dalam Ar-Rahman 72, dijelaskan bahwa rumah para bidadari surga itu terbuat dari mutiara. Mereka memiliki kulit yang putih bersih, selalu menyiapkan drii mereka untuk suami sendiri.

Mereka juga hanya keluar untuk berjalan-jalan di kebun dan taman surga layaknya putri raja. Badan mereka sungguh indah, diciptakan dengan umur sebaya pada usia puncak kematangan, sekitar usia 33 tahun menurut An-Naba’ 31-33.

4. Belum Pernah Ada

Dalam surat lain di Al-Quran, kecantikan bidadari surga menurut surat Al-Waqiah ayat 35-37 disebutkan bahwa bidadari surga adalah wanita yang diciptakan lagnsung. Mereka tidak pernah melalui proses kelahiran.

Bahkan, mereka disebutkan belum pernah ada di dunia sebelumnya. Selain itu para bidadari juga diciptakan dengan bentuk dan sifat yang paling sempurna, mereka tidak akan pernah binasa karena hal apapun.

5. Belum Pernah Disentuh

Surat Ad-Dukhan ayat 51—54 menjelaskan bahwa bidadari surga digambarkan sebagai wanita cantik jelita, kecantikannya begitu sempurna. Mata mereka terus berbinar dan jeli ketika memandang suaminya dengan penuh cinta.

Selain itu, disebutkan juga dalam Ar-Rahman 56 bahwa bidadari surga belum pernah dinikahi atau disentuh oleh manusia sebleum penghuni surga yang menjadi suami mereka. Sehingga, bidadari surga benar-benar menjadi sosok yang sempurna.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image