Selasa 02 Nov 2021 16:24 WIB

Sestama BNPB Lepas Gerakan Mobil Masker di Kendari

Sestama BNPB menyebut mobil bertugas membagikan masker seluruh lapisan masyarakat

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sestama BNPB Lilik Kurniawan (dua kanan), beserta Gubernur Prov Sulawesi Tenggara Ali Mazi (dua kiri) dan Tenaga Ahli BNPB Imam Pramukarno (kanan) saat melakukan pelepasan gerakan mobil masker untuk masyarakat di kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Selasa (2/11).
Foto: BNPB
Sestama BNPB Lilik Kurniawan (dua kanan), beserta Gubernur Prov Sulawesi Tenggara Ali Mazi (dua kiri) dan Tenaga Ahli BNPB Imam Pramukarno (kanan) saat melakukan pelepasan gerakan mobil masker untuk masyarakat di kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Selasa (2/11).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 gencar melakukan upaya penguatan protokol kesehatan melalui pembagian masker. Pembagian masker ini diberikan kepada masyarakat melalui Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat di Kota Kendari. 

Acara pelepasan gerakan mobil masker untuk masyarakat ini dibuka secara simbolis oleh Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Lilik Kurniawan, S.T., M.Si. beserta Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH Tenaga, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Hj. Nur Endang Abbas, Tenaga Ahli BNPB Imam Pramukarno, Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan Nadirah Seha Nur, S.P., M.Si. serta bersama jajaran Forkopimda Kendari. Sebanyak 20 armada mobil masker beserta para Duta Perubahan Perilaku berangkat dari Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara menuju tempat keramaian yang berpotensi menimbulkan kerumunan. 

Setiap armada gerakan mobil masker untuk masyarakat akan ditugaskan untuk membagikan masker bagi seluruh lapisan masyarakat seperti pasar tradisional, pedagang kaki lima, terminal dan stasiun. Himbauan untuk selalu menjaga disiplin penerapan protokol kesehatan juga digaungkan oleh para Duta Perubahan Perilaku dengan sopan disela pembagian masker.    

Program mobil masker di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara ini merupakan gerakan lanjutan BNPB dalam penguatan prokes yang sebelumnya telah dilakukan di beberapa wilayah Provinsi Indonesia. Total sebanyak 500.000 masker dibagikan dalam kegiatan ini. Selain masker BNPB juga memberikan sabun cair sebanyak 12.000, sabun batang 50.400 dan handsanitizer 50.000.

Gerakan ini dimaksudkan agar program pemerintah sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya memakai masker bisa dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat. Selain itu, gerakan mobil masker ini juga sebagai upaya dalam mengantisipasi lonjakan covid-19 gelombang ketiga. 

Melalui kegiatan gerakan mobil masker BNPB, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib menerapkan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat bisa lebih siap dalam transisi pandemi menuju epidemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement