MRI DIY Tingkatkan Kapasitas Relawan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

MRI DIY Tingkatkan Kapasitas Relawan (ilustrasi).
MRI DIY Tingkatkan Kapasitas Relawan (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Adeng Bustomi

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) DIY Volunteer Camp 2021 digelar di Perkemahan Asram Edupark. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembekalan dan peningkatan kapasitas relawan untuk bertugas di mana saja dan kapan saja.

Kegiatan ini menjadi awalan yang baik untuk mengonsolidasi dan menguatkan kontribusi relawan di tengah-tengah masyarakat. Setelah Volunteer Camp, relawan diharapkan akan siap bertugas untuk melayani masyarakat, khususnya di DIY. 

Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Afianto berharap, seluruh relawan MRI DIY maupun ACT DIY dapat mengikuti peningkatan kapasitas tersebut. Sehingga, pelatihan dan pembekalan bisa melahirkan relawan-relawan yang tangguh.

"Serta, relawan-relawan yang siap terjun dalam misi-misi kemanusiaan," kata Afianto lewat rilis yang diterima Republika, Rabu (3/11).

Ketua MRI DIY, Fauzi menuturkan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan memenuhi protokol kesehatan ketat. Seperti pengecekan suhu ke peserta-peserta, panitia dan tamu undangan sesuai situasi DIY saat ini yang masih PPKM level II.

Panitia turut mempersiapkan ambulans untuk mitigasi kondisi darurat. Selama kegiatan berlangsung relawan diberikan bekal pengetahuan dunia kerelawanan, social development dan praktek Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD).

Kemudian, penanganan api serta penanganan kecelakaan lain seperti serangan hewan liar dan lain-lain. Kegiatan dihadiri unsur TNI dari 072/Pameungkas, Basarnas, ACT DIY dan Jawa Tengah, MRI DIY dan Jateng, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Semoga kegiatan ini melahirkan relawan-relawan sejati melalui kerelawanan MRI dapat meluaskan peran relawan dalam berbagai misi kemanusiaan di masyarakat," ujar Fauzi. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


SAR Imbau Pengelola Wisata Bantaran Sungai Setop Kegiatan

Rumah Zakat Tingkatkan Kemampuan Relawan Desa Berdaya

Satgas Relawan Covid-19 Tingkatkan Kapasitas 1.000 Relawan

Bummas Putra Medar Terima Bantuan Domba dari Rumah Zakat

Pemkot Jayapura Dukung Satgas Prokes Jelang PON XX Papua

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark