Kamis 04 Nov 2021 16:00 WIB

Sukabumi Vaksinasi Door to Door Kejar PPKM Level 1

Upaya vaksinasi di Kota Sukabumi terus digencarkan hingga mencapai 100 persen.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Mas Alamil Huda
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau vaksinasi berbasis RW di Toserba Selamat yang memberikan diskon belanja kepada warga yang divaksin, Jumat (29/10)
Foto: riga nurul iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meninjau vaksinasi berbasis RW di Toserba Selamat yang memberikan diskon belanja kepada warga yang divaksin, Jumat (29/10)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya vaksinasi di Kota Sukabumi terus digencarkan hingga mencapai 100 persen. Langkah tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan menempatkan Kota Sukabumi pada PPKM Level 1.

''Vaksinasi terus digencarkan agar bisa mencapai 100 persen dan masuk ke PPKM Level 1,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan, Kamis (4/11).

Baca Juga

Seperti diketahui, hingga awal November 2021 cakupan vaksinasi dosis kesatu di Kota Sukabumi mencapai 87,35 persen dan vaksinasi dosis kedua sekitar 46 persen. Sementara untuk PPKM, kata Fahmi, masih bertahan di Level 2. Sehingga harapannya bisa masuk ke Level 1 dengan indikator naiknya capaian vaksinasi.

Fahmi berharap, capaian vaksinasi dosis kesatu dan kedua bisa linear. Di mana vaksinasi dosis kedua juga harus terus digencarkan kepada warga yang sudah ditentukan waktunya. Untuk menggenjot vaksinasi, ungkap Fahmi, pelaksanaannya kini dengan berbasis per wilayah atau RW dan door to door. Upaya ini untuk memudahkan warga menjangkau lokasi vaksinasi karena dengan dengan tempat tinggalnya.

Sebelumnya, pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis satu di Kota Sukabumi menempati peringkat tertinggi ketiga di Jawa Barat. Hal ini didasarkan pada data dasboard Kementerian Kesehatan (Kamenkes) per 1 November 2021.

Di mana data tersebut berasal dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC PEN. ''Cakupan vaksinasi Kota Sukabumi untuk dosis kesatu menempati peringkat ketiga di Jabar mencapai 87.35 persen,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati.

Persentase tersebut mengacu pada total sasaran vaksinasi di Kota Sukabumi sebanyak 235.691 orang. Rincian peringkat cakupan vaksinasi di Jabar yakni pertama Kota Bandung dengan capaian vaksinasi 94,76 persen, Kota Cirebon 93,61 persen, Kota Sukabumi 87,35 persen, dan Kota Bogor 86,87 persen.

Di mana sebelumnya Kota Sukabumi per Oktober 2021 menempati peringkat lima tertinggi di Jabar dalam cakupan vaksinasi. Sehingga pada November 2021 mengalami kenaikan peringkat menjadi ketiga di Jabar menggeser dua daerah lain.

Di sisi lain, cakupan vaksinasi dosis kedua di Kota Sukabumi mencapai sekitar 46 persen. Khusus untuk vaksinasi kelompok lanjut usia atau lansia sudah mencapai 12.768 orang atau 46,87 persen, dihitung dari total target lansia di Kota Sukabumi sebanyak 27.241.

"Upaya percepatan vaksinasi ke depan akan terus digencarkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," tambah Lulis. Di antaranya warga harus selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Petugas di lokasi vaksinasi juga, kata Lulis, secara rutin mengingatkan warga akan pentingnya protokol kesehatan. Sebab hal ini efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement