Jumat 05 Nov 2021 15:52 WIB

Masjid Glasgow, Ramah Lingkungan dengan Energi Surya

Pemasangan panel surya akan mengurangi konsumsi energi sebesar 23 persen.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Glasgow, Ramah Lingkungan dengan Energi Surya
Foto: tripadvisor.com
Masjid Glasgow, Ramah Lingkungan dengan Energi Surya

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGLOW -- Masjid Glasgow, Skotlandia akan menjadi salah satu masjid ramah lingkungan yang ada di dunia berkat proyek bersama Greenpeace dan Islamic Relief. Klaim ini karena pengurus menyebut akan melakukan program yang membuat Masjid Glasglow salah satu rumah ibadah ramah lingkungan. 

Dilansir dari Anadolu Agency, Kamis (4/11), Sekretaris Jenderal Masjid Irfan Rezzaq mengatakan masjid Glasgow adalah salah satu yang dipilih dalam proyek lingkungan ini dan masjid ikonik lainnya, termasuk Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsha.

Baca Juga

Rezzaq mengatakan mereka memasang panel energi surya di masjid dan langkah ini akan mengurangi konsumsi energi sebesar 23 persen. Rezzaq mengatakan Masjid Pusat Glasgow telah mengambil beberapa proyek hijau, termasuk mengubah semua bola lampu menjadi lampu LED, memperkenalkan klub bersepeda, dan carpooling untuk mengurangi emisi.

"Selain meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan, panel surya baru akan mendorong masyarakat berpikir tentang penghematan energi," kata Rezzaq. 

Rezzaq mengatakan mereka akan meningkatkan kesadaran anggota masyarakat terhadap lingkungan melalui proyek-proyek ini. Berbicara tentang kebun besar yang berdekatan dengan masjid, Rezzaq mengatakan mereka memiliki potensi besar menanam sayuran dan buah-buahan dan mengurangi emisi yang disebabkan oleh belanja untuk masjid.

Proyek hijau baru datang saat Konferensi Perubahan Iklim PBB berlanjut di Glasgow. Para pemimpin dunia, yang bersidang di kota itu pada dua hari pertama konferensi, membuat pengumuman untuk mengurangi emisi karbon dan metana dan mendanai transisi yang diperlukan untuk memerangi krisis iklim.

https://www.aa.com.tr/en/europe/glasgow-mosque-goes-green-with-solar-energy-panels/2412144

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement