Sabtu 06 Nov 2021 10:13 WIB

Rekomendasi Panduan Makan demi Jaga Jantung Sehat

The Amerian Heart Association memberikan panduan makan demi menjaga jantung sehat.

Rep: MGROL130/ Red: Nora Azizah
The Amerian Heart Association memberikan panduan makan demi menjaga jantung sehat.
Foto: Pixabay
The Amerian Heart Association memberikan panduan makan demi menjaga jantung sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, The American Heart Association (AHA) menguraikan 10 tips diet dalam menjaga pola makan demi menjaga jantung sehat. AHA menuliskan panduannya dalam sebuah tulisan ilmiah berjudul 'Panduan diet untuk Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular' dan diterbitkan dalam jurnal Circulation.

Jurnal tersebut menekankan betapa pentingnya pola diet secara keseluruhan, serta menggarisbawahi peran penting dari nutrisi. AHA mengatakan bahwa fitur yang terdaftar dapat disesuaikan agar dapat mengakomodasikan faktor-faktor tertentu, termasuk tradisi budaya, suka dan tidak suka makanan, dan apakah Sebagian besar makanan dikonsumsi di rumah atau di perjalanan.

Baca Juga

Dilansir dari Fox News, Sabtu (6/11), dari pernyataan tersebut mencerminkan bahwa pola makan buruk berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian. Itu sebabnya pola makan keseluruhan sangat ditekankan, serta peran pendidikan gizi. Makan sehat di awal kehidupan dan menjaga kebiasaan sehat juga turut digarisbawahi.

“Kita semua bisa mendapatkan manfaat dari pola makan jantung sehat terlepas dari tahap kehidupan, dan kemungkinan untuk merancang satu yang konsisten dengan preferensi pribadi, gaya hidup dan kebiasaan budaya. Tidak perlu rumit, memakan waktu, mahal atau tidak menarik," kata Ketua Penelitian Alice Lichtenstein.

Selain itu, untuk pertama kalinya, AHA merangkum bukti yang membahas keberlanjutan dan menyebutkan bahwa mempertahankan pola makan yang sehat untuk jantung itu tantangan yang lebih sulit. Beberapa dari tantangan tersebut termasuk misinformasi diet yang meluas, kurangnya Pendidikan gizi di sekolah, kerawanan pangan dan gizi, rasisme struktural dan pemisahan lingkungan dan pemasaran makanan dan minuman tidak sehat yang ditargetkan kepada orang-orang dari latar belakang ras dan etnis yang beragam.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, berikut 10 tips makan sehat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

- Menyeimbangkan asupan makanan dan kalori dengan aktivitas fisik

- Memilih berbagai macam makanan dengan buah-buahan dan sayuran

- Memilih biji-bijian

- Termasuk sumber protein tanpa lemak dan tinggi serat yang sehat

- Menggunakan non-cair minyak tumbuhan tropis

- Memilih makanan dengan proses minimal dan menghindari makanan ultra-olahan

- Meminimalkan asupan gula tambahan

- Memilih atau menyiapkan makanan dengan sedikit atau tanpa garam

- Membatasi konsumsi alkohol

- Menerapkan panduan dimana pun makanan disiapkan atau dikonsumsi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement