Ahad 07 Nov 2021 14:05 WIB

Edukasi Perempuan Agar Sukses Lewat Bisnis UMKM

‘Panggung UMKM’ ini menjadi sarana dan wadah pengusaha wanita saling belajar

Red: Hiru Muhammad
program edukasi bagi perempuan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui episode perdana “Panggung UMKM” yang disiarkan di Youtube Live.
Foto: istimewa
program edukasi bagi perempuan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui episode perdana “Panggung UMKM” yang disiarkan di Youtube Live.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-—Upaya Pemulihan kembali UMKM yang terdampak akibat pandemi menjadi salah satu modal utama dalam membangkitkan kembali daya beli masyarakat dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah melalui panggung UMKM yang menjadi sarana bagi wanita untuk mandiri dan saling belajar satu dengan lainnya.

Hal itu tampak dari program edukasi bagi perempuan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui episode perdana “Panggung UMKM” yang disiarkan di Youtube Live. 

“Aku ingin ‘Panggung UMKM’ ini menjadi sarana dan wadah untuk kita para pengusaha wanita saling support dan belajar dari satu sama lain” ucap Putri Habibie, kini resmikan program edukasi bagi perempuan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam keterangan tertulisnya, Ahad (7/11).

Dalam segmen perdana ini, Putri mengangkat kisah dari Ugi Sasmita, pendiri dan CEO dari brand Baso Aci hits asal Cimahi, MoikaFood. MoikaFood adalah usaha rumahan asal Cimahi, Jawa Barat, yang menawarkan makanan beku (frozen food) berbahan dasar aci seperti baso aci, cireng (aci goreng), basreng, dan menu-menu lainnya. Berawal dari menu yang ia sajikan dirumah saat tiba-tiba kedatangan tamu, Ugi akhirnya terinspirasi membuat Baso Aci—yang kini menjadi produk best seller di MoikaFood. Kini, produk di bawah merek MoikaFood sudah bisa dinikmati oleh tidak hanya masyarakat Indonesia, namun juga di luar negeri mulai dari Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, Australia, hingga Amerika Serikat.

Pada tahun 2019, MoikaFood terpilih sebagai UMKM Binaan Berpotensi dalam ajang Shopee Award. Kemudian pada 2020, MoikaFood meraih penghargaan sebagai UMKM terbaik versi Shopee, Berkarya untuk Bangsa. Followers akun Instagram MoikaFood telah mencapai 90.000 pengikut pada tahun 2021 ini, selain itu akun Shopee-nya juga memiliki 10.000 pengikut. 

Dalam diskusinya bersama Putri di episode pertama ‘Panggung UMKM’, Ugi memaparkan empat (4) poin penting yang wajib diperhatikan bagi mereka yang baru akan memulai bisnis kuliner, yakni; perizinan untuk usaha dan untuk produk makanan, pengurusan sertifikasi halal, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk merek produk, serta pengemasan produk. 

Wanita memegang peranan penting dalam sebuah keluarga, mulai dari kesehatan hingga keuangan. UMKM karya wanita Indonesia pun juga memegang peranan penting tidak hanya dalam perekonomian keluarga namun juga berkontribusi dalam perkembangan ekonomi nasional. Melalui ‘Panggung UMKM’, Putri Habibie berharap dapat membangun kepercayaan diri para calon wanita pengusaha lainnya untuk mulai mengembangkan usaha rumahannya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement