Senin 08 Nov 2021 12:23 WIB

Telkom Bangun Lima Titik Sarana Air Bersih Kabupaten Bogor

Lima titik sarana air bersih diberikan untuk warga tidak mampu di Kabupaten Bogor

Red: A.Syalaby Ichsan
Peresmian pembangunan sarana air bersih PT Telkom Indonesia di Bogor, Jawa Barat, belum lama ini
Foto: Dok BMM
Peresmian pembangunan sarana air bersih PT Telkom Indonesia di Bogor, Jawa Barat, belum lama ini

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pembangunan sarana air bersih dan fasilitas Mandi,Cuci, Kakus (MCK) untuk masyarakat kurang mampu di lima titik di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diresmikan di Bogor, belum lama ini.

Hadir dalam peresmian, Ketua Pondok Pesantren Riyadhul Muta’alim Abah Kiai Afendi, Manager Community Development Center Telkom Regional II Jakarta Retno Isro Wardhani, Perwakilan Baitulmaal Muamalat Jahidin, Riandy dan Prwaita Ayu Setianingtyas. Tak ketinggalan, tokoh masyarakat setempat yakni Kepala Desa Pabangbon Endang Rohendi dan Wakil Camat Leuwiliang Yoga. 

Dalam sambutanya, Retno Isro Wardhani menjelaskan, bantuan Sarana air bersih dan fasilitas MCK ini merupakan bentuk kepedulian PT Telkom kepada masyarakat khususnya di wilayah yang benar-benar membutuhkan dan belum memiliki sarana air bersih yang layak. Retno berharap bantuan sanitasi air dan MCK dapat menjadi solusi bagi masyarakat di lima lokasi tersebut. Selain itu Ia berharap masyarakat dapat menjaga fasilitas ini dengan baik. “Doakan kami PT Telkom agar tetap bisa membantu masyarakat lainnya,” jelas Retno lewat keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Senin (8/11). 

Kebutuhan akan sanitasi air bersih seperti fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dinilai menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari seperti memasak, mencuci, mandi, melaksanakan ibadah serta lainnya.PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, melalui Program Pembangunan Berkelanjutan (TPB-6) dan sejalan dengan Program Kementrian BUMN yakni Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan Sarana Air Bersih, fasilitas Mandi Cuci, Kakus (MCK) di 5 lokasi di kabupaten Bogor Selatan yakni di Pondok Pesantren Riyadul Muta’alim Kp.Cilame Desa Pabangbon Kec.Leuwiliang, Dusun Citeureup Desa Barengkok Kec.Leuwiliang, Pondok Pesantren Tarbiatuz-Ziqro Desa Leuwibatu Kec.Rumpin, Kampung Keusal Desa Wirajaya Kec. Jasinga dan Kampung Margasari Kel. Kertamaya Kec. Bogor Selatan. 

Dalam proses pembangunannya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menggandeng Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) dan SBN Foundation sebagai mitra pelaksana dalam penyediaan sarana air bersih dan MCK. Selain itu, masyarakat sekitar  turut bergotong-royong untuk wewujudkan fasilitas umum tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membantu penanganan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Bogor. Pembangunan sarana air bersih dan MCK dimulai sejak tanggal 21 September - 24 Oktober 2021.

Kadiv Pendistribusian dan Pendayagunaan BMM Jahidin menjelaskan, sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional, pihaknya terus membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dengan membangun sanitasi dan MCK yang layak.Diharapkan, dengan bantuan sarana air bersih dan MCK dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan perilaku hidup sehat bagi masyarakat.

Ambari, selaku Ketua RT Kampung Keusal, RT 01 mengaku bersyukur adanya keberadaan MCK di kampung mereka. “Melihat MCK seperti ini bisa ada di kampung kami, benar-benar bersyukur, sangat maksimal. Alhamdulillah,”jelas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement