Selasa 09 Nov 2021 07:58 WIB

Ini Kunci West Ham dan Arsenal Naik ke Papan Atas

West Ham dan Arsenal mulai masuk persaingan perebutan gelar Liga Primer Inggris.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih West Ham United, David Moyes.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Pelatih West Ham United, David Moyes.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- West Ham United mengakhiri 25 pertandingan tak terkalahkan Liverpool usai menekuk the Reds 3-2, Senin (8/11) dini hari WIB. Tiga poin dari London Stadium membuat the Hammers naik ke posisi tiga klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Skuad asuhan David Moyes menggeser Liverpool yang turun ke posisi empat. Sementara, Arsenal sudah 10 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi, usai mengalahkan Watford 1-0 di Stadion Emirates.

Gol tunggal Emile Smith Rowe membuat Arsenal naik ke posisi lima, menggeser Manchester United yang sehari sebelumnya dikalahkan Manchester City. Arsenal dan West Ham, dua klub asal London, itu pun mampu masuk dalam persaingan papan atas untuk memperebutkan gelar juara Liga Primer Inggris.

David Moyes sukses menyulap West Ham menjadi salah satu tim yang ditakuti musim ini. West Ham sudah memenangkan tujuh dari 11 pertandingan terakhir.

Terakhir kali klub asal London itu melakukan hal serupa terjadi pada musim 1975/1976 silam. Total, West Ham sudah mengumpulan 23 poin dari 11 laga Liga Primer musim ini. Hasilnya, the Hammers bisa dibilang bersaing dalam perebutan gelar juara liga, dengan hanya terpaut tiga poin dari Chelsea di puncak klasemen.

''Ini adalah kemenangan brilian melawan tim yang sangat bagus. Kami juga bermain Kamis malam (di Liga Europa) dan tampil dengan energi untuk bertahan hingga hasil akhirnya sangat bagus untuk para pemain,'' ujar Moyes dikutip dari Skysports, Senin (8/11).

Di lain pihak pelatih Liverpool Juergen Klopp tampak tak terima dengan kekalahan pertamanya musim ini dalam 26 pertandingan di semua kompetisi. Bagaimana tidak, kekalahan ini mengakhiri rekor tak terkalahkan terpanjang the Reds sejak bergabung dengan Football League pada 1983. Itu juga mengakhiri rekor tak terkalahkan the Anfield Gank di Liga Primer musim ini.

Tapi Klopp tidak mau mencari alasan. Ia menerima kenyataan kalau performa para pemainnya sedang tidak bagus. Meskipun ia menyebut wasit tidak bekerja sebagaimana mestinya. Gol bunuh diri Allison Becker dan aksi Aaron Cresswell dinilainya patut untuk dianggap sebagai pelanggaran. ''Dua situasi itu berpengaruh. Tapi pada akhirnya West Ham berjuang untuk tiga poin,'' kata Klopp.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنٰهُ بِهَا وَلٰكِنَّهٗٓ اَخْلَدَ اِلَى الْاَرْضِ وَاتَّبَعَ هَوٰىهُۚ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ الْكَلْبِۚ اِنْ تَحْمِلْ عَلَيْهِ يَلْهَثْ اَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَثْۗ ذٰلِكَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَاۚ فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ
Dan sekiranya Kami menghendaki niscaya Kami tinggikan (derajat)nya dengan (ayat-ayat) itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan mengikuti keinginannya (yang rendah), maka perumpamaannya seperti anjing, jika kamu menghalaunya dijulurkan lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia menjulurkan lidahnya (juga). Demikianlah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah kisah-kisah itu agar mereka berpikir.

(QS. Al-A'raf ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement