Khofifah Siap Jadi Relawan Uji Klinik Vaksin Merah Putih

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andri Saubani

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. | Foto: Antara/Irfan Anshori

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan kesiapannya mendukung proses percepatan uji klinik vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga (Unair). Khofifah menjelaskan, saat ini pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih Unair masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Apabila vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai vaksin booster, Khofifah bahkan siap sebagai relawan pertama untuk uji klinik pada tahap pertama, kedua, maupun ketiga. “Jika dalam proses ke depan, vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai booster maka saya siap menjadi relawan pertama, tetapi jika kemudian syarat uji klinik adalah yang pertama kali mendapat vaksin atau belum divaksin maka membutuhkan relawan yang lain,” kata Khofifah di Kampus C Unair, Surabaya, Selasa (9/11).

Kerja sama pengembanganvaksin Merah Putih Unair oleh tiga pihak yang terdiri atas Unair, PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo. Khofifah menyatakan, sejak 12 Oktober 2021, pihaknya telah menyiapkan gazebo khusus di RSUD dr. Soetomo. Khofifah juga mmengaku sudah cukup banyak yang mendaftar sebagai relawan untuk uji klinik vaksin.

“Jadi, tempat untuk uji klinik bagi para relawan adalah di RSUD dr. Soetomo, sehingga kita juga menjadi bagian dalam percepatan pelaksanaan uji klinikvaksin Merah Putih tahap pertama, tahap kedua, dan tahap ketiga,” ujar Khofifah.

Baca Juga

Khofifah berharap seluruh pihak dapat memberikan semangat untuk proses pengembangan vaksin, terlebih mrnjelang Hari Pahlawan pada 10 November. Khofifah menyatakan dirinya bangga dengan adanya vaksin Merah Putih buatan Unair tersebut.

“Saya bangga dengan Unair yang telah memberikan persembahan terbaik bagi negeri ini untuk memberikan perlindungan dan keselamatan kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata dia.

Terkait


Singapura Ogah Biayai Perawatan Pasien Penolak Vaksin Covid

Asal Mula Hoaks Vaksin Bikin Bercahaya Seperti Kunang-Kunang

Empat Vaksin Covid Berpeluang Besar Diproduksi di Indonesia

IDI Imbau Orang Tua tak Ragu Vaksinasi Covid-19 Anak

Menkes Naikkan Target Vaksinasi Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark