Selasa 09 Nov 2021 16:41 WIB

Infografis Karier Moncer Jenderal Andika Perkasa

Karier Andika Perkasa terbilang melesat pada masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Red: Andri Saubani
Foto: Infografis Republika.co.id
Karier Moncer Jenderal Andika Perkasa

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat presiden (Surpes) kepada DPR yang berisi usulan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. Andika yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada akhir November 2021.

 
Lahir: Bandung, 21 Desember 1964
Lulusan Akademi Militer 1987
 
Karier militer:
 
>  Perwira pertama infanteri Kopassus Grup 2/Para Komando dan Satuan-81/Penanggulangan Teror (Gultor) selama 12 tahun.
 
> Perwira menengah dengan menjadi Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta. Lalu, Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara.

> Perwira tinggi bintang satu dengan mendapatkan kepercayaan sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) pada November 2013. Selanjutnya, pada Oktober 2014, Andika diangkat menjadi Komandan Paspampres dengan pangkat mayor jenderal. Tak lama menjabat sebagai Danpaspampres, ia ditunjuk sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura pada 30 Mei 2016, sebelum kemudian ditarik ke Jakarta memegang Komandan Kodiklat TNI-AD pada 15 Januari 2018.

Enam bulan kemudian, suami Diah Erwiany itu ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis AD (Pangkostrad) yang merupakan sebuah posisi bergengsi di lingkungan TNI AD. Andika kemudian dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada November 2018.

sumber: Pusat Data Republika
pengolah: Flori Sidebang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement