Selasa 09 Nov 2021 16:43 WIB

LVRI Agar Tetap Menjadi Inspirasi Semangat Juang

Diharapkan LVRI lebih solid lagi kedepan sebagai wadah legiun veteran di Kalsel

Red: Hiru Muhammad
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor turut hadir pada  Musyawarah Daerah (Musda) ke 12  Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) provinsi setempat, Selasa (09/11/2021) di Sekretariat LVRI Kalsel, Jalan Hasan Basri Banjarmasin.
Foto: istimewa
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor turut hadir pada Musyawarah Daerah (Musda) ke 12 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) provinsi setempat, Selasa (09/11/2021) di Sekretariat LVRI Kalsel, Jalan Hasan Basri Banjarmasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN--Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor turut hadir pada  Musyawarah Daerah (Musda) ke 12  Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) provinsi setempat, Selasa (09/11/2021) di Sekretariat LVRI Kalsel, Jalan Hasan Basri Banjarmasin.

Gubernur mengatakan, atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalsel menyatakan selamat dan sukses terhadap penyelanggaraan Musda yang menjadi salah satu bukti organisasi ini masih eksis di masyarakat.

Diharapkan LVRI  lebih solid lagi kedepan sebagai wadah legiun veteran di Kalsel dan diminta terus menularkan insipirasi semangat perjuangan yang mereka miliki untuk generasi muda sekarang dalam turut membangun bangsa.

"Tetap terus wariskan semangat juang 45. Terima  kasih dan apresiasi juga  kita sampaikan, terutama atas  semangatnya dan terus berpartisipasi dalam pembangunan selama ini," ujar Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor.

Ia juga berharap agar seluruh rangkaian kegiatan Musda ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga terus mempertahankan eksistensi LVRI Kalsel sebagai organisasi.

Selain itu, diharapkan dapat menjadi lebih baik, lebih kuat, lebih solid, serta dapat terus melangkah ke depan sebagai wadah berhimpunnya para legiun veteran Kalsel.

Dikatakan, pelaksanaan Musda bagi sebuah organisasi di daerah sangatlah penting.  Karena hal ini mencerminkan bahwa secara keorganisasian, LVRI Kalsel   berjalan dengan baik, sekaligus menunjukkan organisasi ini tetap eksis dalam mewujudkan tujuan dari organisasi.

Keberadaan LVRI Kalsel  sangat penting, karena di dalamnya berhimpun para legiun veteran banua, yang merupakan bagian  dari pelaku sejarah dan pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, khususnya di banua ini.

“Terima kasih dan apresiasi layak kita sampaikan kepada mereka. terlebih semangat dan jiwa pengabdian mereka terus terjaga dan terpelihara hingga saat ini. Bagaimana mereka terus hadir dan turut berpartisipasi dalam menghadapi permasalahan bangsa. Mereka terus hadir dan senantiasa setia mengawal persatuan dan kesatuan bangsa dalam koridor Pancasila,” kata Paman Birin.

Tak lupa diingatkan, setelah mencapai kemerdekaan dari penjajahan, berbagai tantangan dan permasalahan silih berganti. Mengutip pernyataan Bung Karno,  “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.

Aartinya, setelah bangsa ini merdeka ujar Paman Birin, berbagai tantangan, ancaman lebih akan lebih besar lagi, termasuk dari bangsa sendiri. Hal tersebut terbukti hingga sekarang, seperti adanya pro kontra terhadap pelaksanaan pembangunan, penyebaran hoax di berbagai media, termasuk juga penyebaran informasi yang bersifat provokatif yang dapat memicu perselisihan bahkan perpecahan.

“Saya berharap kepada pengurus dan anggota LVRI Kalsel, untuk terus menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda, generasi penerus bangsa.sehingga para generasi muda dapat mengetahui sejarah, menghargai dan menghormati jasa-jasa para pendahulu atau pahlawan kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum LVRI, Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun menyampaikan  sambutannya secara  virtual daru Mabes LVRI di Jakarta sekaligus membuka Musda ke 13 LVRI Kalsel.

Dikatakan, Musda merupakan kegiatan  menyusun program kerja 5 tahun ke depan bagi organisasi ini, sekaligus memilih ketua periode berikutnya. "Saya berharap Musda berjalan lancat, tertib dan demokrasi. Kemudian, terpih ketua baru yang amanah dan aspiratif yang akan jadi motivator anggota dalam menjakankan visi misi kedepan," ujarnya.

Disebutkan, visi LVRI adalah adalah tetap berlanjutnya Pelestarian Jiwa, Semangat dan Nilai-Nilai Kejuangan 1945. Sedangakn misinya adalah Mewariskan Jiwa, Semangat dan Nilai-Nilai Kejuangan 1945, berperan aktif dalam pembangunan nasional, memelihara hubungan persahabatan dengan organisasi Veteran Regional dan Dunia didukung oleh organisasi Veteran yang solid, efektif dan efisien, serta konsisten menjaga Kehormatan dan meningkatkan kesejahteraan Veteran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement