Hari Pahlawan, UNJ Beri Penghargaan Peraih Medali PON

Red: Fernan Rahadi

Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara pemberian penghargaan mahasiswa dan dosen peraih medali PON XX Papua 2021 serta pelepasan tim KMHE dan KMI EXPO.  Acara ini merupakan bentuk penghargaan bagi para patriot olahraga UNJ yang sudah berjuang pada PON Papua XX 2021 lalu.
Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara pemberian penghargaan mahasiswa dan dosen peraih medali PON XX Papua 2021 serta pelepasan tim KMHE dan KMI EXPO. Acara ini merupakan bentuk penghargaan bagi para patriot olahraga UNJ yang sudah berjuang pada PON Papua XX 2021 lalu. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan acara pemberian penghargaan mahasiswa dan dosen peraih medali PON XX Papua 2021 serta pelepasan tim KMHE dan KMI EXPO.  Acara ini merupakan bentuk penghargaan bagi para patriot olahraga UNJ yang sudah berjuang pada PON Papua XX 2021 lalu.

Acara ini diselenggarakan secara luring di UTC lantai 8, Kampus A UNJ dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan secara daring disiarkan melalui kanal YouTube Kemahasiswaan UNJ.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahrahaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ), Johansyah Lubis, menyampaikan UNJ telah berupaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pengembangan olahraga di Indonesia melalui aktivitas pendidikan, pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. 

"Salah satu keberhasilan dan prestasi UNJ dalam memajukan dunia olahraga nasional, yaitu dengan mendidik dan menyiapkan para mahasiswa UNJ yang kemudian menjadi atlet perwakilan daerahnya di ajang PON Papua XX 2021 lalu. Tidak sedikit para mahasiswa dan dosen UNJ yang meraih juara pada PON Papua XX 2021," kata Johansyah.

Lebih lanjut, Johansyah mengucapkan syukur dan bangga kepada seluruh dosen dan mahasiswa yang berhasil mengharumkan nama UNJ pada ajang PON XX Papua 2021. "Terdapat 89 orang mahasiswa UNJ berprestasi, dengan rincian 40 orang meraih medali emas, 22 perak, dan 27 perunggu. Dan ada pemecahan rekor atas nama Diva Renata Jayadi. Dan sebanyak kurang lebih delapan dosen yang berhasil menjadi pelatih dan ofisial tim berprestasi," ungkap Johansyah.

Johansyah menambahkan para peraih medali tersebut berasal dari 12 Provinsi di Indonesia yaitu, DKI Jakarta, Bali, bangka Belitung, Banten, Jambi, Jawa Barat, Jawa tengah, Kalimantan Selatan, Papua, Riau, Sulawesi Barat dan Sulawesi selatan. Dan ada empat fakultas di antaranya FBS, FE, FPPsi, FIK. "Penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada para dosen berprestasi baik sebagai pelatih maupun ofisial tim," ujar Johansyah.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Abdul Sukur, mengatakan dalam sambutannya, mengatakan pihaknya ingin memberikan penghargaan bagi para mahasiswa dan dosen yang telah berhasil meraih medali pada PON Papua XX 2021 sebagai apresiasi kepada patriot olahraga terhadap UNJ yang telah berhasil mengharumkan nama wilayah dan almamater yang kita banggakan dan cintai bersama. Perolehan medali tahun ini merupakan perolehan medali tertinggi dari seluruh jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia, sebagai contoh dari UPI 32 medali emas, UNESA 16 medali, dan UNNES tujuh medali.

"Tentunya kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada dosen dan mahasiswa yang telah berhasil dalam PON Papua XX 2021, kami juga mengundang Batavia TIM yang akan mengikuti Final KMHE serta 4 TIM KMI EXPO 12 tahun 2021 semoga dapat mengharumkan nama UNJ," kata Abdul Sukur.

Sementara itu Rektor UNJ Prof Komarudin menyampaikan selamat datang para juara PON XX 2021 di Papua. Ia mengaku merasakan aroma juara dan nikmatnya PON, karena saya diberikan kesempatan untuk memberikan medali emas pada juara renang nomor 50 gaya bebas putri. UNJ terus berikhtiar untuk memantapkan posisi sebagai perguruan tinggi terdepan dan terbaik di negeri ini, salah satunya di bidang olahraga. Yang terbukti pada hari ini kita dapat merasakan hasilnya dengan 89 medali.

"Semoga prestasi yang membanggakan ini dapat menaikkan posisi IKU UNJ yang dilombakan oleh kemdikbudristek," kata Komarudin.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


FIP UNJ Jadi Tuan Rumah Temu Nasional FIP-JIP 2021

UNJ Jalin Kerja Sama dengan Kampus Cina

Kediri Beri Bonus kepada Atlet Peraih Medali di PON Papua

UNJ Gelar Lokakarya Pengendalian Gratifikasi

Pelari dan Peraih Medali PON Berlari 62 Kilometer

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark