Jumat 12 Nov 2021 10:32 WIB

PSSI: Shin Ajukan Empat Pemain Keturunan Perkuat Timnas

Shin meyakini timnas Indonesia tambah kuat jika empat pemain ini bela Merah Putih.

Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berusaha mengakomodasi keinginan pelatih Shin Tae Yong menjajaki pemain keturunan Indonesia di luar negeri membela timnas Indonesia.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berusaha mengakomodasi keinginan pelatih Shin Tae Yong menjajaki pemain keturunan Indonesia di luar negeri membela timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengajukan empat pemain keturunan Indonesia di luar negeri untuk dijajaki potensinya memperkuat skuad Garuda. "Kami mengakomodasi kemauan pelatih dan akan mendalami apakah pemain yang bersangkutan bisa masuk ke timnas atau tidak," ujar Iriawan seusai melepas keberangkatan timnas Indonesia ke Turki dan Singapura di Jakarta, Kamis (11/11).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu tidak mengungkapkan siapa saja empat pemain tersebut. Namun, dua di antaranya disebut-sebut adalah bek Sandy Walsh (berpaspor Belanda, usia 26 tahun) dan Jordi Amat (Spanyol, 29 tahun). Mereka saat ini bermain di Liga Belgia, masing-masing memperkuat KV Mechelen dan KAS Eupen.

Baca Juga

"Saya meminta untuk segera ditanyakan apakah pemain yang bersangkutan mau untuk memperkuat di timnas Indonesia. Yang jelas, kami memberikan kebebasan kepada Shin untuk memilih pemain," kata Iriawan.

Shin Tae-yong mengonfirmasi ia memang sudah menyodorkan empat pemain keturunan Indonesia kepada PSSI. Para pemain itu, sebut Shin tanpa mengutarakan identitas mereka, memiliki kualitas yang baik dan diyakini mampu mendongkrak prestasi tim nasional kemudian hari.

"Kalau ada mereka, timnas bisa menjadi tim yang kuat di ASEAN. Sebenarnya ada pemain lain, tetapi saya fokus ke empat pemain yang berdarah Indonesia itu," ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia berangkat ke Turki pada Kamis (11/11) malam untuk menjalani persiapan Piala AFF 2020. Di Turki, skuad Garuda akan menjalani dua laga uji coba internasional FIFA, yaitu kontra Afghanistan, Selasa (16/11) dan Myanmar, Kamis (25/11).

Selepas dari Turki, timnas akan langsung berangkat ke Singapura untuk menjalani Piala AFF 2020. Di turnamen itu, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement