Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kamaruddin

Sharia Investment Week 2021, Ma'ruf Amin Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital

Bisnis | Friday, 12 Nov 2021, 07:47 WIB
Ilustrasi investasi syariah | istimewa

Tingkatkan literasi dan inklusif pasar modal syariah Indonesia di tengah Pemulihan ekonomi nasional. Sharia Investment Week (SIW) 2021 akan kembali diselenggarakan secara virtual selama tiga hari, 11 - 13 November 2021 melalui laman web www.shariainvestmentweek.com.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Self-Regulatory Organization (SRO), yang terdiri dari BEI, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Acara yang merupakan bagian dari peringatan 44 tahun pasar modal Indonesia ini ditargetkan peserta kurang lebih 10 ribu peserta.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi, mengatakan dengan upaya, kerja keras dan dukungan dari banyak pihak dirinya sangat yakin ke depannya pasar modal syariah akan semakin maju dan dapat menyebarkan semangat untuk berinvestasi.

"Semoga SIW 2021 ini dapat menjadi ajang bagi para peserta serta investor syariah, baik pemula maupun investor aktif, untuk lebih memahami pasar modal syariah sekaligus bisa dipraktekkan," kata Hasan yang juga Ketua Pelaksana SIW 2021.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Nurhaida, menyampaikan Indonesia dipercaya memegang posisi presidensi di G-20 tahun 2022. Harapannya, pasar modal syariah dapat berperan dalam mendukung agenda yang diusung G-20, yang salah satunya adalah terkait Sustainable Finance.

"Ini sudah terdapat pada roadmap pasar modal syariah 2020-2024. Salah satu program pengembangan produk syariah yaitu Pengembangan Produk Pasar Modal Syariah Berbasis Socially Responsible Investment," sebutnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin, menjelaskan pemanfaatan teknologi digital menjadi salah satu peluang sekaligus tantangan bagi kemajuan ekonomi dan keuangan syariah ke depan.

Inovasi berbasis digital dan perluasan digitalisasi layanan yang terintegrasi keberbagai sektor menjadi kebutuhan yang mendesak saat ini. Pengembangan teknologi digital juga harus didukung oleh kualitas SDM yang adaptif, mandiri, produktif serta berdaya saing.

"Saya berharap seluruh pihak dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah khususnya

pasar modal syariah," tutur Ma'ruf.

Untuk diketahui, agenda SIW 2021 terdiri dari live webinar dan talk show, live Instagram, virtual expo, serta entertainment. Menghadirkan 26 narasumber dan moderator yang kompeten di bidangnya.

SIW 2021 mengusung tiga tema berbeda setiap harinya, yaitu Strategi Pengembangan Keuangan Syariah, Alternatif Produk Investasi di Pasar Modal Syariah, dan Keuangan Sehat dengan Investasi Syariah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image