Jumat 12 Nov 2021 19:23 WIB

Apakah Membaca Alquran Digital Tetap Mendapat Pahala?

Pahala membaca Alquran tidak berubah meski tidak lewat mushaf cetak

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Pahala membaca Alquran tidak berubah meski tidak lewat mushaf cetak. Alquran digital
Foto: Republika
Pahala membaca Alquran tidak berubah meski tidak lewat mushaf cetak. Alquran digital

REPUBLIKA.CO.ID, Di masa kini, untuk kepraktisan, banyak orang mengunduh aplikasi Alquran di gawai bagi Muslim yang memilikinya. 

Namun apakah membaca Alquran digital baik dalam ponsel pintar, laptop, dan sejenisnya tetap mendapatkan pahala?   

Baca Juga

Dilansir di aboutislam.net Dosen Studi Islam dari Universitas Al-Azhar Mesir, dan dia saat ini adalah Imam Masjid Downtown Toronto Kanada, Wael Shihab, mengatakan setiap orang yang membaca Alquran akan mendapat pahala yang besar.  

Allah SWT juga  memuji orang-orang yang membaca Alquran. Dalam Surat Fatir ayat 29-30, Allah SWT berfirman: 

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ.لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Mahamensyukuri.”  

Shihab mengatakan,  dalam banyak  haditsnya, Nabi Muhammad (SAW) menguraikan manfaat besar membaca Alquran.  

Seseorang mungkin mengatakan bahwa dia tidak dapat membaca Alquran dengan lancar atau membacanya dengan susah payah. “Saya di sini memberinya kabar gembira yang dinyatakan dalam hadits berikut yaitu 

Nabi berkata, “Barangsiapa membaca Alquran dan menguasainya dengan hati, akan bersama para ahli Taurat yang mulia (di Surga). Dan barang siapa yang bersungguh-sungguh untuk mempelajari Alquran dengan hati dan membacanya dengan susah payah, akan mendapat pahala dua kali lipat.” (Bukhari dan Muslim)

Dia mengatakan kebaikan dan pahala besar di atas dicapai oleh seorang Muslim baik dia membaca dari mushaf (salinan Alquran), atau apa yang disebut Alquran digital, yaitu di layar komputer, ponsel, tablet, dan sejenisnya. 

Menurut Shihab, yang terpenting adalah bahwa seorang muslim perlu membaca dari versi Alquran yang benar dan terakreditasi oleh lembaga resmi.

 

Sumbe: aboutislam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement