Jumat 12 Nov 2021 23:14 WIB

Infografis Aturan Pakai Molnupiravir

Indonesia akan membeli molnupiravir untuk pasien Covid-19.

Red: Reiny Dwinanda
Foto: Republika
Molnupiravir akan diberikan untuk pasien Covid-19 dengan kriteria tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID,Aturan Pakai Molnupiravir

Inggris menjadi negara pertama yang izinkan penggunaan molnupiravir sebagai obat Covid-19. Bagaimana aturan pemakaiannya? 

Baca Juga

 

* Molnupiravir jadi obat antivirus pertama untuk Covid-19 yang bisa diminum alih-alih disuntikkan atau diberikan lewat infus. 

 

* Efektif ketika diberikan dua kali sehari dalam waktu lima hari sejak timbulnya gejala. 

 

* Bekerja dengan mengurangi kemampuan virus untuk bereplikasi sehingga dapat mencegah keparahan penyakit.

 

* Berdasarkan uji coba, Inggris meyakini molnupiravir aman dan efektif hingga 50 persen pangkas risiko rawat inap dan kematian pada orang positif Covid-19 bergejala ringan hingga sedang yang punya risiko lebih tinggi untuk menjadi parah karena mengidap obesitas, usia tua, diabetes, atau penyakit jantung.

 

 * Butuh sekitar 700 dolar AS (Rp 10 jutaan) untuk mengadakan molnupiravir bagi setiap pasien.

 

* Molnupiravir bukan pengganti vaksin. 

 

Sumber: Republika.co.id Pengolah: Reiny Dwinanda

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا لَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَآ اَشْرَكْنَا وَلَآ اٰبَاۤؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِنْ شَيْءٍۗ كَذٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ حَتّٰى ذَاقُوْا بَأْسَنَاۗ قُلْ هَلْ عِنْدَكُمْ مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوْهُ لَنَاۗ اِنْ تَتَّبِعُوْنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنْ اَنْتُمْ اِلَّا تَخْرُصُوْنَ
Orang-orang musyrik akan berkata, “Jika Allah menghendaki, tentu kami tidak akan mempersekutukan-Nya, begitu pula nenek moyang kami, dan kami tidak akan mengharamkan apa pun.” Demikian pula orang-orang sebelum mereka yang telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan azab Kami. Katakanlah (Muhammad), “Apakah kamu mempunyai pengetahuan yang dapat kamu kemukakan kepada kami? Yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka, dan kamu hanya mengira.”

(QS. Al-An'am ayat 148)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement