Sabtu 13 Nov 2021 01:24 WIB

Menkes: Masyarakat Disiplin Prokes Kehidupan Kembali Normal

Menkes mengatakan kehidupan normal setelah pandemi bisa tercapai jika disiplin prokes

Red: Bayu Hermawan
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
Foto: Antara/Galih Pradipta
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan kehidupan yang normal setelah pandemi Covid-19 dapat tercapai jika masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu vaksinasi secara masif juga harus terus digalakkan.

"Masyarakat disiplin maka kehidupan bisa kembali normal. Dan menjadi Menteri Kesehatan ini seperti investasi akhirat saya nanti, ini waktunya bagi saya membantu masyarakat banyak dengan terjun langsung menangani pandemi," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, Jumat (13/11).

Baca Juga

Saat menjadi pembicara dalam webinar yang diadakan oleh SBM ITB Kampus Jakarta, Menkes menceritakan bahwa ketika dia menerima penunjukan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan, maka inilah saat baginya untuk berkontribusi kepada masyarakat setelah menjalani karier yang sukses sebagai CEO Bank Mandiri, Inalum dan Wakil Menteri BUMN.

Budi juga memberikan pesan kepada para mahasiswa bahwa untuk menjadi sukses, maka memiliki ilmu saja tidak akan cukup dan diperlukan juga kebijaksanaan yang timbul dari pengalaman dan berinteraksi dengan orang banyak. Budi juga mengusulkan adanya transformasi sistem kesehatan global agar masyarakat dunia dapat menanggulangi bencana pandemi yang dapat sewaktu-waktu muncul di masa depan.

"Kita memerlukan sistem kesehatan global, seperti IMF di ekonomi global, dengan mekanisme, tata kelola, dan partisipasi negara-negara di dunia. Dengan demikian, manakala ada pandemi lain muncul di masa depan, maka ada sistem funding yang selalu bisa diandalkan," kata Menkes Budi.

Terakhir, lanjut Budi, perlu dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk juga dengan sektor swasta, startup, sekaligus membangun modal sosial di Indonesia. "Do not underestimate the social capital in Indonesia. Masyarakat kita kalau berkolaborasi maka hasil akhirnya akan luar biasa," kata Budi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement