Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abu Ubaidillah

Apa Sih Manfaat Backlink untuk Blog?

Teknologi | Saturday, 30 Oct 2021, 12:26 WIB

Bicara mengenai backlink, banyak blogger dan pakar SEO yang menyebutkan manfaatnya sangat besar untuk mendulang traffic organik dari mesin pencari. Backlink memiliki pengaruh kuat terhadap optimasi SEO sebuah website.

Backlink sendiri adalah link yang masuk di dalam sebuah situs web, dikenal juga dengan nama inbound link. Dalam bahasa yang lebih sederhana, backlink berarti tautan yang mengarah ke website Anda.

Ciri-ciri Backlink Berkualitas

Dengan menggunakan backlink pemilihan link natural dan berkualitas menjadi pilihan utama. Natural artinya diberikan secara sukarela dan sudah mendapatkan izin pemilik website.

Artinya, backlink tersebut dipasang pada sebuah website yang berada di dalam konten sesuai ketentuan. Bukannya justru backlink hasil submit otomatis atau spam yang tentu berdampak buruk pada website Anda.

Manfaat Backlink untuk Optimasi Website

Backlink terbaik adalah backlink dofollow. Bila Anda mendapatkannya, maka bisa memperoleh berbagai manfaat untuk website atau blog Anda, di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Lalu Lintas Refferal

Lalu lintas sebuah website biasanya berasal dari mesin pencari Google, Bing, atau semacamnya. Namun dengan backlink, Anda bisa memperoleh lalu lintas referral dari situs tersebut. Dengan kata lain, ketika pengguna internet klik link yang ada pada sebuah konten, maka mereka akan otomatis beralih ke website Anda.

2. Membangun Otoritas Blog

Dengan backlink dari berbagai situs populer, akan sangat bagus untuk meningkatkan SEO website Anda. Hal ini juga bisa membantu membangun otoritas blog milik Anda, sehingga Google atau mesin pencari lainnya akan melihat bahwa link tersebut menjadi indikasi baik bagi sebuah website untuk memberikan informasi berguna.

3. Menciptakan Relasi

Ketika seorang pembaca berkunjung ke konten dan melihat backlink ke website Anda, maka kesempatan untuk klik akan asngat besar. Kemudian, mereka akan terhubung dengan blog Anda dan bisa mengikuti blog atau bahkan ebrlangganan, sehingga relasi antara blog Anda dengan website yang dipasangi akan terjalin erat untuk mengoptimalkan sisi website Anda.

4. Meningkatkan Ranking Website

Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan traffic, sebuah backlink juga dapat memperbaiki rangking Anda di mesin pencarian Google. Pada dasarnya, Google juga akan memeriksa kualitas backlink tersebut apakah spam atau dibangun secara natural seperti berabinetwork.

5. Pengakuan Terhadap Merek

Seorang pembaca konten bisa sangat cepat mengidentifikasi sebuah link pada website Anda. Mereka juga bisa dengan mudah mengakses website Anda, dan bila mereka tertarik lebih lanjut dengan konten di blog Anda, website Anda bisa mendapatkan pengakuan merek yang lebih banyak dari pembaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image