Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

INFO GERHANA BULAN: Gerhana Bulan Terlama InsyaAlloh...

Info Terkini | Friday, 19 Nov 2021, 09:02 WIB
Sumber Gambar Via LAPAN & BMKG

Dari â Aisyah radhiyallahu â anha, Nabi SAW. bersabda:

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah salat dan bersedekahlah." (HR. Bukhari No. 1044)

Insyaa Alloh tanggal 19 November 2021 akan terjadi fenomena alam luar biasa atas Kehendak dan Keagungan Allah, yaitu: Gerhana Bulan Terlama sepanjang abad 21 yang melewati dan bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia, prediksi memasuki umbra (kegelapan dan kemerahan) mulai pukul 14:18 WIB hingga 17:47 WIB. Ketampakan Bulan dalam keadaan gelap memerah dapat dilihat saat Bulan Mulai Terbit di ufuk timur sebelum Matahari Terbenam di ufuk barat hingga Bulan memasuki fase samar-samar dengan mulai sedikit bercahaya redup pada saat Gerhana berakhir pukul 19:03 WIB.

Rangkaian Fase Gerhana:

1) Mulai Fase Awal Bayang-bayang Pebumbral: 13:02 WIB.

2) Fase Umbra (Gelap): 14:18 WIB hingga 17:47 WIB.

3) Akhir Rangkaian Gerhana: 19:03 WIB.

Dianjurkan untuk:

1) Mengumandangkan Bacaan Takbir dengan Memperbanyak Gema Takbir, Mengagungkan Asma Alloh.

2) Mengumandangkan Bacaan Istighfar, Memohon Ampunan dan Maaf kepada Alloh.

3) Mengucapkan Asholaatu Jaami'ah.

4) Sholat Gerhana Bulan

5) Mendirikan dan Mendengarkan Khutbah Gerhana Bulan.

6) Bersodaqoh Gerhana

7) Melanjutkan Gema Takbir hingga akhir Gerhana terbuka kembali bercahaya normal.

Khusus untuk daerah kota Bandung selama fase Gerhana, Siaran Gema Takbir Gerhana akan disiarkan secara live streaming melalui Radio Adzan Bandung Streaming dengan klik link berikut:

http://www.radioadzanfmbandung.com

Info By

*Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, S.Pd, M.Pd, I, M.MPd*

(Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan, Praktisi dan Pengamat PAUDNI/Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Pengamat dan Aktivis Gerakan Islam, Domisili di Bekasi Raya Kota dan Kabupaten Bekasi/BABELAN City-Jawa Barat)

Sumber: Almanak Hijriyah/ Kalender Hisab-Rukyat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image