Sabtu 20 Nov 2021 05:49 WIB

Maklumat dan Shalat Gerhana Bulan

Pada 19 November bertepatan dengan gerhana bulan terpanjang

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Shalat gerhana Bulan
Shalat gerhana Bulan

Maklumat Gerhana Bulan 19 November 2021

Sesuai kalender Muhammadiyah tahun 2021, pada hari Jumat, 14 Rabiulakhir 1443 H bertepatan dengan 19 November 2021 M,  sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan sebagian tersebut akan berakhir pada pukul 17.47 WIB (18.47 WITA/19.47 WIT).

Sehubungan dengan hal tersebut Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau pimpinan dan warga Muhammadiyah untuk melaksanakan ibadah shalat khusuf (shalat gerhana bulan) serta melakukan pengamatan gerhana bulan.

Namun mengingat ada sebagian wilayah yang mengalami gerhana bulan sebagian ini dalam waktu yang sangat singkat dan bertepatan dengan waktu shalat magrib, seperti wilayah Yogyakarta, maka jika pelaksanaan shalat gerhana bulan ini berpotensi mengganggu kekhusyukan shalat Magrib, shalat gerhana itu tidak perlu dilaksanakan.

Mengingat sampai dengan saat ini pandemi Covid-19 belum mereda, Majelis Tarjih dan Tajdid mengingatkan agar seluruh kegiatan terkait gerhana ini harus tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 secara ketat.  Adapun ketentuan pelaksanaan shalat khusuf dan pelaksanaan protokol kesehatnnya dapat dilihat pada lampiran maklumat ini yang dapat diunduh di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement