Senin 22 Nov 2021 02:38 WIB

Tips Olahraga yang Benar Sesuai Umur

Saat berolahraga sebaiknya dimonitr dengan targeted heart rate.

Red: Dwi Murdaningsih
Olahraga (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Olahraga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dokter spesialis bedah ortopedi Siloam Hospitals Surabaya dr. Teddy Hari Wardhana SpOT memberikan tips atau cara olahraga yang benar sesuai umur. Olahraga sesuai umur bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Teddy Hari Wardhana mengatakan salah satu kunci utama guna menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar adalah berolahraga dengan cara yang tepat dan benar. "Pastikan tidak sembarangan berolahraga," kata dr. Teddy, Sabtu (20/11).

Baca Juga

Menurut dia, ketika berolahraga, ada empat unsur yang harus diperhatikan, yaitu tingkatan atau ukuran berolahraga (intensitas), beban latihan (training load), gerakan tubuh (biomekanik) dan nutrisi. Keempat unsur ini juga harus disesuaikan dengan usia.

Saat berolahraga, lanjut dia, seharusnya dimonitor dengan "targeted heart rate" yang merupakan rekomendasi yang dikeluarkan oleh The American Heart Association. Olahraga insensitas moderate atau sedang mencapai 50 hingga 70 persen dari "heart rate".

Sedangkan olahraga intensitas kuat seperti bagi olahragawan atau atlet, yang baik di jarak 70 hingga 85 persen heart rate."Sejumlah unsur ini pun harus disesuaikan dengan usia yang berkorelasi pada pola makan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement