PKB Enggan Lamar Ganjar Jika tak Diusung PDIP

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Fernan Rahadi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam rapat paripurna dengan agenda pembentukan susunan perangkat daerah, yang dilaksanakan di gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (16/9).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam rapat paripurna dengan agenda pembentukan susunan perangkat daerah, yang dilaksanakan di gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (16/9). | Foto: dok. Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid menanggapi tingginya elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo, tapi belum ada tanda bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengusungnya. Jika memang tak diusung, pihaknya juga dipastikan tak akan meminang Ganjar untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau dia enggak punya partai masak kita yang melamar, dia yang melamar ke kita, begitu caranya," ujar Jazilul di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (22/11).

Kemudian, ia menyoroti elektabilitas Ganjar dalam banyak hasil survei yang selalu menempati posisi tiga besar. Namun hal itu disebutnya belum menggambarkan kemenangannya, karena belum ada tokoh yang elektabilitasnya mencapai 30 persen.

"Artinya belum ada yang dominan, termasuk Pak Ganjar, sekarang ya biasalah Pak Ganjar di-framing seakan-akan memang beliau yang paling ini (tinggi), tetapi partainya (yang mengusung) kan belum ada," ujar Jazilul.

Di samping itu, ia mengatakan bahwa mayoritas kadernya ingin mengusung Abdul Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden (capres) di 2024. Terkait koalisi, ia menegaskan bahwa PKB tak akan bekerja sama dengan pihak yang kalah.

"Harus memasangkan calonnya siapa, agendanya apa, kemungkinan menangnya seperti apa, yang jelas PKB tidak mau berkoalisi dengan yang kalah," ujar Jazilul.

PKB, kata Jazilul, juga tak mengkhawatirkan adanya pertemuan antara elite-elite partai politik. Termasuk pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Jadi tentu tetap berkomunikasi tapi untuk 2024, mungkin beda cara komunikasinya," ujar Jazilul.

 

Terkait


Relawan Ganjar Konsolidasi Perantau Jateng di Kaltim

Relawan Ganjar Dorong Penguatan UMKM di Kaltim

PKB: Presiden Cari Momen Tepat untuk Umumkan Reshuffle

PKB Tegaskan tak Intervensi Muktamar NU

PKB tak Mau Berkoalisi dengan yang Kalah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark