Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Seni Opriliani

4 Perbedaan Gaji dan Upah Untuk Karyawan

Bisnis | Tuesday, 23 Nov 2021, 09:12 WIB

Apa yang Anda dapatkan setelah Anda menyelesaikan pekerjaan Anda adalah gaji atau upah. Ada perbedaan besar antara gaji dan upah, tetapi keduanya ditafsirkan sebagai hal yang sama.

Tentu perbedaan ini merupakan bagian dari hak dan kewajiban yang harus dipahami, sehingga pekerja dan pencari kerja perlu mewaspadai perbedaan ini. Berikut ulasan perbedaan gaji dan upah yang dirangkum oleh gajipokok.com.

1. Perbedaan menurut definisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaji diartikan sebagai gaji yang dibayarkan oleh seorang pekerja berupa upah tenaga kerja yang dibayarkan dalam jangka waktu tertentu atau berupa uang berdasarkan waktu tertentu. Upah, di sisi lain adalah uang, dll. Dan dibayar sebagai hadiah atau sebagai pembayaran untuk energi yang dihabiskan untuk melakukan sesuatu.

Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 dan Undang-Undang Sumber Daya Manusia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Pengupahan hanya mencantumkan istilah pengupahan. Aturan ini mendefinisikan upah sebagai berikut:

Diterima dalam bentuk uang sebagai imbalan kepada pekerja/buruh yang dibayarkan oleh pengusaha atau pengusaha dan ditetapkan sesuai dengan perjanjian, kontrak kerja, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/pekerja dan keluarganya Hak pekerja/buruh Untuk pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan. "

Namun, pada kenyataannya, kondisi gaji seperti gaji pokok dan gaji bersih sering dijumpai, karena secara akurat tercantum dalam peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama.

2. Memiliki elemen yang berbeda

Gaji dan upah memiliki komponennya masing-masing. Ada beberapa faktor yang terlibat dalam gaji, seperti gaji pokok, tunjangan tetap dan variabel, uang lembur, dan pemotongan seperti kredit pajak dan angsuran.

Upah, di sisi lain, memiliki satu elemen, seperti kerja borongan, upah satuan, dan upah harian. Namun, tunjangan upah, tidak seperti gaji, biasanya dalam bentuk tunjangan makan dan uang lembur berdasarkan waktu perjalanan dan jam kerja.

Referensi gaji dalam kontrak atau kontrak kerja mengacu pada kompensasi karyawan yang diberikan oleh perusahaan dalam bentuk kompensasi.

Upah dapat diberikan berdasarkan jam kerja, tingkat kehadiran, atau tujuan kerja harian yang dicapai oleh pekerja, tetapi dapat juga diberikan kepada pekerja lepas yang bekerja berdasarkan ikatan kerja informal. Besaran upah juga bervariasi dari hari ke hari tergantung kesepakatan bersama.

3. Status pegawai menentukan gaji atau upah

Perbedaan berikut dapat dilihat dari status pegawai. Paling tidak, struktur organisasi perusahaan memiliki dua lapisan karyawan. Artinya, mereka disebut staf administrasi dan pelaksana, atau sering disebut pekerja. Manajer biasanya dibayar dengan sistem gaji dan pekerja dibayar dengan sistem upah.

Semakin lama seorang karyawan bekerja dan semakin tinggi jabatannya, semakin tinggi gajinya. Dengan kata lain, tanggung jawab juga meningkat. Selama waktu itu, upah tidak terpengaruh oleh jalur karir karyawan.

4. Waktu pembayaran berbeda

Penggajian dibayarkan secara teratur, seperti pada akhir bulan, pada akhir bulan, atau pada tanggal tertentu yang disepakati.

Upah dibayarkan kepada pekerja atau pekerja lepas tanpa batas waktu, tetapi dapat dibayarkan harian, mingguan atau bulanan, tergantung kesepakatan dengan pemberi kerja. Untuk pekerja lepas atau pekerja lepas, upah dibayarkan dengan menagih pemberi kerja setelah pekerjaan selesai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image