Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Alviana

Investasi Wakaf Based Public (Literasi Wakaf di Kalangan Generasi Milenial)

Bisnis | Monday, 22 Nov 2021, 22:46 WIB

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surabaya

Salah satu instrumen terpenting dan potensial dalam ekonomi Islam adalah wakaf. Wakaf adalah amalan yang bersifat multidimensi. Selain ibadah, wakaf juga merupakan muamalah yang memiliki fungsi penting dalam menunjang kesejahteraan masyarakat.

Dalam sejarah Islam, wakaf telah berperan sangat penting untuk pengembangan kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi dan kebudayaan masyarakat serta telah banyak memfasilitasi para sarjana dan mahasiswa dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan riset dan menyelesaikan studi mereka. Berbagai program didanai dari hasil wakaf seperti penulisan buku, penerjemahan, dan kegiatan-kegiatan ilmiah dalam berbagai bidang termasuk kesehatan. Wakaf tidak hanya mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan mahasiswa maupun masyarakat.

Dari beberapa definisi wakaf tersebut, dapat disimpulkan bahwa wakaf bertujuan untuk memberikan manfaat atau faedah harta yang diwakafkan kepada orang yang berhak dan dipergunakan sesuai dengan ajaran syariah Islam. Hal ini sesuai dengan fungsi wakaf yang disebutkan pasal 5 UU No. 41 tahun 2004 yang menyatakan wakaf berfungsi untuk mewujudkan potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

Literasi wakaf di kalangan generasi milenial, dengan menggelar kampanye #WakeUpWakaf untuk menyapa para millenials dan berusaha meningkatkan Literasi wakaf di kalangan generasi milenial, dengan menggelar kampanye #WakeUpWakaf untuk menyapa para millenials dan berusaha meningkatkan literasi wakaf kepada anak muda. Selama ini wakaf dipandang hanya dapat dilakukan oleh kalangan senior citizen (warga senior) identik dengan bentuk wakaf yang ditunaikan dalam bilangan jutaan rupiah, seperti wakaf tanah. Pada dasarnya tujuan wakaf itu sendiri yaitu untuk mewujudkan dan memajukan kesejahteraan umat. Dalam Islam, manfaat wakaf adalah bagian dari investasi di dunia dan akhirat. Manfaat wakaf menjadi salah satu upaya mendapatkan rida Allah SWT, mendekatkan diri pada-Nya, sebagai amal jariyah, dan sebagai investasi pahala yang akan selalu mengalir. Maka dari itu dengan adanya literasi wakaf #WakeUpWakaf ini mengajak generasi milenial untuk berwakaf.

Instrumen keuangan sosial seperti Wakaf, potensinya sangat signifikan sebagai salah satu mesin penggerak ekonomi nasional. Wakaf Produktif yang merupakan aset atau dana berbiaya rendah, juga berperan di dalam penyangga guncangan ekonomi. Melalui pengelolaan secara profesional, Wakaf Produktif tentu akan dapat meningkatkan efisiensi perekonomian nasional, mempercepat pembangunan ekonomi, dan memperkuat stabilitas sistem keuangan.

Kampanye #WakeUpWakaf merupakan salah satu ikhtiar Dompet Dhuafa untuk menyapa para millenials, agar faktor literasi soal Wakaf sampai kepada kalangan anak muda. Pada kampanye Wake Up Wakaf, Mulai dari Rp10,000,- itu bermaksudkan semua bisa berwakaf meski dengan Rp10,000,-. Tujuannya agar semua orang bisa berwakaf dengan nominal rendah. Berwakaf juga semestinya didukung dengan berbagai kemudahan. Jika berbicara tentang kemudahan berwakaf, maka Dompet Dhuafa sebagai Nadzir atau Lembaga Pengelola Wakaf, bisa memberikan sebuah kepercayaan.

Melalui pengelolaan secara profesional, wakaf produktif dapat meningkatkan efisiensi perekonomian nasional, mempercepat pembangunan ekonomi, dan memperkuat stabilitas sistem keuangan. Relevansinya antara lain yaitu dengan aksi-aksi kemanusiaan dengan wakaf, termasuk membangun kemampuan merespon kebencanaan dan segala bentuk dampak yang dihadapi masyarakat terutama saat pandemi Covid-19. Wakaf dalam Dompet Dhuafa berperan untuk membantu kebutuhan masyarakat ini menjadi semakin mudah. Misalnya melalui membangun lahan pertanian produktif dan menjadi suatu lumbung pangan yang bisa mensupport kebutuhan bantuan pangan dan berupaya untuk menghadirkan sarana respon kemanusiaan lainnya seperti kendaraan Darling (Dapur Umum Keliling) juga Ambulans kesehatan. Dengan adanya literasi wakaf di generasi milenial ini diharapkan dapat menarik minat berwakaf generasi muda serta dapat mensejahterahkan umat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image