Rabu 24 Nov 2021 04:22 WIB

Klopp tak Senang Diingatkan Soal Cedera Jota Musim Lalu

Jota mengalami cedera hingga harus melewatkan nyaris tiga bulan di ruang perawatan.

Red: Yudha Manggala P Putra
 Manajer Liverpool Jurgen Klopp berbicara kepada media sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Brentford dan Liverpool di Brentford Community Stadium di London, Sabtu (25/9) malam WIB.
Foto: AP/Rui Vieira
Manajer Liverpool Jurgen Klopp berbicara kepada media sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Brentford dan Liverpool di Brentford Community Stadium di London, Sabtu (25/9) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juergen Klopp terang-terangan mengungkapkan ketidaksenangannya menerima pertanyaan yang mengingatkan pelatih Liverpool itu soal insiden cedera yang dialami Diogo Jota dalam pertandingan Liga Champions musim lalu.

Musim lalu, Klopp tetap menurunkan Jota dalam laga terakhir penyisihan grup Liga Champions melawan FC Midjylland meski sudah pertandingan itu sudah tak mempengaruhi kelolosan Liverpool ke babak 16 besar.

Pada pertandingan itu, Jota mengalami cedera hingga harus melewatkan nyaris tiga bulan lamanya di ruang perawatan, padahal penyerang asal Portugal itu tengah berada dalam tren performa yang apik. Kali ini, Liverpool juga sudah memastikan lolos ke babak 16 besar setelah menyapu bersih kemenangan pada empat laga pertama Grup B dan akan menjalani pertandingan tanpa pertaruhan lagi saat menjamu Porto di Anfield, Kamis dini hari WIB.

Situasi itu memancing pertanyaan dari wartawan dalam jumpa pers pralaga yang mencari keterangan apakah insiden Jota musim lalu akan menjadi bahan pertimbangannya dalam keputusan susunan pemain kontra Porto. "Sungguh gampang duduk-duduk di sana, lalu bilang 'Simpan dia, simpan dia.'," kata Kloppdalam laman resmi Liverpool.

"Bila kami menyimpan semua pemain yang dianggap penting dan menurunkan susunan yang tidak sekelas Liga Champions, yang sejujurnya kami tidak memiliki jumlah cukup, maka kami akan tidak menciptakan risiko seseorang cedera."

"Dalam jawaban pertanyaan pertama, saya sudah menegaskan betapa kami menghormati integritas kompetisi ini. Kami harus menurunkan susunan pemain yang setidaknya memberi kesempatan meraih kemenangan."

"Situasi Diogo memang sangat tidak beruntung dan saya benci mengambil keputusan itu. Tapi kalau ditanya apakah saya akan melakukannya lagi? Saya akan bilang iya, karena itu dibutuhkan untuk keseimbangan."

"Jadi, tidak adil kalian mengungkit cerita lama tentang pemain yang mengalami cedera. Semua bisa cedera. Hal semacam ini bisa terjadi dan semoga saja besok tidak terjadi apa-apa," ujar Klopp panjang lebar.

Klopp menegaskan akan tetap menurunkan susunan pemain terbaik yang bisa membuka kesempatan bagi Liverpool untuk menang atas Porto. Pelatih asal Jerman itu juga memberi perkembangan terkait kondisi Jordan Henderson dan Andy Robertson yang pulang dari membela timnas masing-masing dalam keadaan cedera.

Menurutnya, keduanya sudah cukup bugar dan siap turun sejak awal, tapi dia belum mau mengambil keputusan.

"Apa pun susunan pemain yang kami pakai besok, semuanya tentang memenangkan pertandingan itu, pertandingan berikutnya dan seterusnya," tutup Klopp.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْتَفْتُوْنَكَ فِى النِّسَاۤءِۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِيْهِنَّ ۙوَمَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ فِى الْكِتٰبِ فِيْ يَتٰمَى النِّسَاۤءِ الّٰتِيْ لَا تُؤْتُوْنَهُنَّ مَا كُتِبَ لَهُنَّ وَتَرْغَبُوْنَ اَنْ تَنْكِحُوْهُنَّ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْوِلْدَانِۙ وَاَنْ تَقُوْمُوْا لِلْيَتٰمٰى بِالْقِسْطِ ۗوَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِهٖ عَلِيْمًا
Dan mereka meminta fatwa kepadamu tentang perempuan. Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang mereka, dan apa yang dibacakan kepadamu dalam Al-Qur'an (juga memfatwakan) tentang para perempuan yatim yang tidak kamu berikan sesuatu (maskawin) yang ditetapkan untuk mereka, sedang kamu ingin menikahi mereka dan (tentang) anak-anak yang masih dipandang lemah. Dan (Allah menyuruh kamu) agar mengurus anak-anak yatim secara adil. Dan kebajikan apa pun yang kamu kerjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.”

(QS. An-Nisa' ayat 127)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement