Kamis 25 Nov 2021 06:39 WIB

Peringatan Serius Diabetes Tersembunyi di Jempol Kaki

Kaki merupakan titik komplikasi diabetes yang paling umum.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes gula darah (Ilustrasi). Luka di kaki yang susah sembuh bisa menjadi pertanda diabetes.
Foto: Prayogi/Republika.
Tes gula darah (Ilustrasi). Luka di kaki yang susah sembuh bisa menjadi pertanda diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa haus yang tak terkendali, kelelahan ekstrem, atau sering bolak-balik ke toilet telah diketahui sebagai gejala umum diabetes. Namun, kini para dokter mengungkap, masalah pada kuku kaki bisa menjadi peringatan serius diabetes.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyatakan, pengidap diabetes lebih rentan terhadap infeksi dan setiap luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Sementara itu, kaki merupakan titik komplikasi diabetes yang paling umum dan tanda-tanda pada kuku kaki bisa berarti gejala diabetes.

Baca Juga

"Diabetes dapat mengurangi suplai darah ke kaki dan menyebabkan hilangnya perasaan yang dikenal sebagai neuropati perifer. Ini bisa berarti cedera kaki tidak sembuh dengan baik dan Anda mungkin tidak menyadari apakah kaki Anda sakit atau terluka,” demikian pernyataan NHS, seperti dilansir The Sun, Rabu (24/11).

Salah satu masalah kesehatan yang bisa jadi tanda diabetes adalah cantengan alias paronychia. Penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi kulit dan cenderung mengalami cantengan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement