UMM Raih AKU 14 Kali Berturut-turut

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMM.
Kampus UMM. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) 2021 dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur (Jatim) untuk keempat belas kalinya secara berturut-turut. Capaian membanggakan itu diterima pada agenda Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur di Grand Mercure Malang, Rabu (24/11).

Rektor UMM, Fauzan, merasa bersyukur Kampus Putih bisa kembali memenangkan penghargaan ini. Ia mengatakan, prestasi ini merupakan bentuk konsistensi dari sivitas akademika UMM untuk terus berkomitmen akan kualitas pelayanan pendidikan.

Fauzan berharap prestasi ini tidak berhenti pada raihan ini saja tetapi harus ditingkatkan kembali. Hal ini karena masyarakat membutuhkan pembuktian kualitas, karya nyata, dan tentu contoh konkret. "Inilah yang kini menjadi tantangan besar perguruan tinggi, khususnya Kampus Putih UMM,” ungkap Fauzan.

Pada kesempatan sama, Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Prof Soeprapto, secara khusus memberikan apresiasi kepada UMM yang sukses memperoleh penghargaan AKU 14 kali berturut-turut. Ia berharap UMM bisa terus meningkatkan kinerja dan mendapatkan beragam penghargaan bergengsi lainnya.

Dalam hal ini tidak terbatas di tingkat nasional saja, tapi juga level internasional. Menurut Soeprapto, UMM pantas mendapatkan penghargaan kampus unggulan ini. Selanjutnya, dia mendorong UMM untuk bisa meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi. Kemudian juga mampu memberikan kebermanfaatan dalam skala yang lebih luas.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof Syamsul Arifin turut mengapresiasi capaian yang diraih UMM. Menurut Syamsul, UMM dianggap telah mampu menjaga mutu pendidikan selama bertahun-tahun. Raihan prestasi ini tidak lepas dari kerja keras kolektif yang telah diupayakan oleh kawan-kawan di UMM.  "Kualitas ini akan senantiasa kami rawat demi keberhasilan lain di masa depan,” jelasnya.

Selain dinyatakan sebagai kampus terunggul Jatim 2021, UMM juga berhasil meraih empat penghargaan kampus unggulan khusus lain. UMM menempati posisi pertama kategori sebagai universitas dengan Kinerja Kemahasiswaan Terbaik dan kategori Akselerasi Jabatan Akademik Terbaik.

Di samping itu juga sukses dinobatkan sebagai kampus dengan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Terbaik dan yang terakhir peringkat ketiga kategori Kualitas Pelaporan Terbaik. Sejauh ini, Kampus Putih UMM telah mendapatkan total tiga piala AKU Kartika.

Untuk diketahui, penghargaan Piala AKU Kartika tersebut diberikan kepada kampus yang telah meraih AKU selama empat tahun berturut-turut. Setelah UMM yang menempati posisi pertama kampus swasta paling unggul se-Jatim, ada lima kampus swasta lain yang menduduki posisi kedua hingga keenam.

Secara berurutan, universitas tersebut di antaranya Universitas Surabaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas 17 Agustus Surabaya, dan Universitas Islam Malang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Mahasiswa UMM Asal Mesir Juara Vlog Bahasa Indonesia

Mahasiswa UMM Berdayakan Penghuni Panti

Upaya Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Matematika

Mahasiswa UMM Borong Juara Nasional di KJI dan KBGI

Pakar Fisioterapi UMM Jelaskan Fenomena Popping Sendi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark